Tata Cara Pendaftaran Sertifikat Badan Hukum BUMDes


Bumdes.id - Proses pendaftaran cara daftar BUMDes di laman Sistem Informasi Desa (SID) Kementerian Desa PDTT sebenarnya mudah dan dapat dilakukan sendiri oleh pengurus BUMDes atau pemerintah desa atau yang mewakili.
Karena dengan menyiapkan dokumen yang memerlukan proses memperoleh sertifikat badan hukum dapat mengajukan oleh semua pengurus BUMDes. Cara daftar BUMDes untuk memperoleh sertifikat badan hukum di awali dengan menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Nah, dokumen ini satu tarikan nafas dengan proses legal yang melakukan dalam pendirian badan usaha milik desa. Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 mengatur proses pendirian badan usaha milik desa. Mulai dari pendirian melalui Musyawarah Desa hingga disahkan dalam bentuk Peraturan Desa (Perdes). Dokumen-dokumen cara daftar BUMDes yang memasukkan atau mengimput ke dalam Sistem Informasi Desa (SID) merupakan dokumen yang Mengesahkan dalam Musyawarah Desa. Itulah mengapa dokumen-dokumen pendaftaran sertifikat badan hukum BUMDes harus melalui Musyawarah Desa (Musdes) sebagai organ tertinggi pendirian BUMDes.Musyawarah Desa akan menghasilkan banyak dokumen seperti:
- Dokumen berita acara pendirian BUMDes,
- Selain itu Dokumen musyawarah desa,
- Dokumen peraturan desa,
- Dokumen anggaran dasar pendirian BUMDes,
- Hingga dokumen anggaran rumah tangga dan dokumen program kerja BUMDes.
Lebih lengkap bisa mendowload File Berikut Ini!