Pentingnya Komunikasi dalam menjalankan unit usaha BUMDes

Kemampuan menyampaikan sesuatu kepada orang lain, menjadi penting dalam keberlangsungan usaha utamanya usaha yang mengedepankan pelayanan atau servis. Semisal di industri keuangan seperti perbankan, perhotelan dan juga pariwisata.

BUMDes, dalam  hal ini penting untuk juga dapat belajar dan mengasah kemampuan komunikasi yang baik dan benar, untuk mendukung  keberlangsungan unit usaha yang dijalankan. Misalnya BUMDes yang menjalankan unit usaha desa wisata, maka pengelola wisata harus benar benar memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan benar.

Pengunjung destinasi wisata tentu saja meinginkan lebih dari sekedar berkunjung dan melihat atraksi wisata; entah itu dalam dan budaya yang ada. Lebih dari itu, adalah ingin dilayani dan mendapat informasi lengkap mengenai destinasi wisata yang dikunjungi. Karenanya pemandu wisata memiliki peranan penting, sebagai bagian yang berhubungan dan berkomunikasi langsung dengan pengunjung.

Oleh sebab itu, kemampuan komunikasi dari pemandu wisata perlu untuk ditingkatkan dan dilatih. Apa sih komunikasi itu?  Komunikasi adalah suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi adalah prasyarat kehidupan manusia. Kehidupan manusia akan tampak hampa apabila tidak ada komunikasi.

Karena tanpa komunikasi, interaksi antar manusia, baik secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi tidak mungkin dapat terjadi. Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila masing-masing melakukan aksi dan reaksi. Aksi dan reaksi dilakukan manusia baik secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa menghindar dari tindakan komunikasi menyampaikan dan menerima pesan dari dan ke orang lain. Tindakan komunikasi ini terus menerus terjadi selama proses kehidupannya. Prosesnya berlangsung dalam berbagai konteks baik fisik, psikologis, maupun sosial, karena proses komunikasi tidak terjadi pada sebuah ruang kosong. Pelaku proses komunikasi adalah manusia yang selalu bergerak dinamis.

Komunikasi menjadi penting karena fungsi yang bisa dirasakan oleh pelaku komunikasi tersebut. Melalui komunikasi seseorang menyampaikan apa yang ada dalam benak pikirannya dan perasaan hati nuraninya kepada orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Melalui komunikasi seseorang dapat membuat dirinya tidak merasa terasing atau terisolasi dari lingkungan di sekitarnya.

Fungsi Komunikasi

1. Menginformasikan (to inform)

Adalah memberikan informasi kepada masyarakat, memberitahukan kepada masyarakat mengenai peristiwa yang terjadi, ide atau pikiran dan tingkah laku orang lain, serta segala sesuatu yang disampaikan orang lain.

2. Mendidik (to educated)

Adalah komunikasi merupakan sarana pendidikan. Dengan komunikasi, manusia dapat menyampaikan ide dan pikirannya kepada orang lain, sehingga orang lain mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.

3. Menghibur (to entertain)

Adalah komunikasi selain berguna untuk menyampaikan komunikasi, pendidikan dan mempengaruhi juga berfungsi untuk menyampaikan hiburan atau menghibur orang lain.

4. Mempengaruhi (to influence)

Adalah fungsi mempengaruhi setiap individu yang berkomunikasi, tentunya berusaha saling mempengaruhi jalan pikiran  komunikan dan lebih jauh lagi berusaha berubah sikap dan tingkah laku komunikan sesuai dengan yang di harapkan.

Dari fungsi  komunikasi yang telah disebutkan di atas, maka setidaknya kita dalam menjalankan unit usaha BUMDes menerapkan komunikasi dengan mengacu pada fungsi komunikasi. Utamanya, bagi pengelola unit usaha yang mengedepankan pelayanan seperti desa wisata.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Aryanto/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *