Peluang Usaha Rumahan Di Desa Terpencil

Peluang Usaha Rumahan Di Desa Terpencil

Selamat pagi Sahabat BUMDes, Desa menyimpan berbagai macam misteri untuk digeluti. Berbagai macam sumber daya bisa kita temukan saat berada di Desa. Kita bisa dengan mudahnya memperoleh berbagai macam sayuran dari Desa.

Di Desa juga menyimpan berbagai macam Peluang Usaha Rumahan Di Desa Terpencil sekalipun. Ada berbagai macam jenis usaha yang bisa kita lakukan di Desa terpencil sekalipun.

Simak berikut ini adalah ulasan dari bumdes.id mengenai Peluang Usaha Rumahan Di Desa Terpencil :

1. Usaha pembuatan makanan kecil

Usaha yang bisa dilakukan di desa terpencilpun sekalipun adalah membuat berbagai macam aneka makanan kecil. Sebagai contoh misal memprodksi ceriping pisang manis dan aneka makanan kecil turunan dari pisang.

Pisang dipilih karena desa mereka banyak sekali pohon pisang sehingga pisang-pisang yang telah masak serungkali terbuang percuma. Kebanyakan pisang yang dijual ke tengkulak ini dibanderol dengan harga yang relatif murah.

Dengan sedikit sentuhan dan keahlian para ibu kini pisang-pisang itu menjelma menjadi makanan kecil dalam kemasan cantik di berbagai toko dengan cita rasa yang beraneka warna.

2. Membuat Aksesori

Dengan melimpahnya bahan baku yang ada di Desa, jika kita memiliki keahlian untuk menciptakan sebuah produk dari barang yang sudah tidak terpakai kita bisa menyulapnya menjadi sebuah produk Aksesori.

Aksesori adalah produk kreatif yang mudah membuat orang jatuh cinta karena keindahannya yang unik dan khas. Hampir setiap daerah memiliki kemamuan menciptakan aksesoris unik dengan berbagai bahan yang ada di daerah mereka. Tentunya dengan ciri khas lokal daerah yang ada di setiap penjuru negeri.

3. Jual Beli Online

Hidup di desa terpencil tidak berarti tidak bisa menciptakan rejeki. Sepanjang ada jaringan internet, Anda tetap bisa menjalankan bisnis sebagaimana dilakukan orang-orang di kota. Salah satunya jual beli online melalui smartphone dengan memanfaatkan media social.

Usaha ini bisa dilakukan guna memasarkan produk-produk lokal asli desa yang sudah dikemas semenarik mungkin untuk memikat hati calon Konsumen.

Dengan adanya keseimbangan antara yang memasarkan produk asli desa, maka kesejahteraan warga masyarakat desa akan meningkat serta tingkat guyub rukunnya warga desa akan semakin meningkat.

Meskipun ini bukan jalan yang mudah untuk dilalui, namun dengan kerja keras dan kemauan untuk belajar maka bukan tidak mungkin tingkat kesejahteraan warga desa akan benar-benar meningkat.

Kuncinya saling percaya dan mendukung satu sama lain maka hasil itu cepat atau lambat akan meningkat dengan sendirinya. [ Ahmad Fahrudin / Bumdes.id ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *