Tips Kembangkan Usaha BUMDes Anda!

Dalam memulai usaha ataupun mengembangkan usaha yang sudah ada, tentu harus memiliki niat dan kiat yang dapat membantu anda dalam proses pengembangannya. Oleh karena itu, untuk mendukung perkembangan bisnis, anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Pilih Lokasi Yang Tepat
Untuk BUMDes yang bergantung pada toko fisik, lokasi merupakan salah satu modal utama yang paling penting dalam mengembangkan usahanya. Dengan menentukan lokasi yang strategis (bisa dekat dengan pelanggan atau dekat dengan sumber bahan baku) tentu akan sangat berpengaruh terhadap bisnis yang anda jalankan.

2. Manfaatkan Media Sosial
Di era digital seperti sekarang, tentu peran dari media sosial sangat powerful dalam melakukan kegiatan apapun, apalagi digunakan sebagai media untuk memasarkan usaha BUMDes. Dengan media sosial, anda bisa melakukan promosi dengan biaya yang scalable, artinya biaya dapat disesuaikan dengan budget dan tahap perkembangan usaha anda.

3. Lakukan Inovasi
Pelanggan biasanya memiliki sifat mudah bosan dan cenderung ingin sesuatu yang baru. Agar pelanggan tersebut tidak ‘pergi’ ke lain tempat, kita harus memberikan inovasi untuk usaha kita agar dapat menarik mereka perhatian dan minat mereka kembali. Hal ini dinilai sangat penting, terutama bagi usaha yang memiliki banyak kompetitor. Oleh karena itu, inovasi sangat penting untuk dilakukan apabila ingin mengembangkan suatu usaha. Mudahnya, lakukan studi tiru. Studi tiru merupakan metode konvensional yang biasanya dilakukan dengan nama studi banding. Pada studi tiru, yang anda perlu lakukan adalah amati unit usaha yang sudah berjalan tersebut. Catat proses bisnisnya secara rinci, mulai dari proses input hingga output yang dihasilkan. Setelah selesai, pulang dan lakukan metode yang sama di desa anda. Bila perlu berikan sedikit pembeda (inovasi) untuk memberikan ciri khas.

4. Rencanakan Keuangan Dengan Baik
Kenapa aspek ini diperlukan dalam pengembangan usaha BUMDes? Karena faktanya, banyak usaha yang bangkrut disebabkan oleh adanya kesalahan dalam pengelolaan keuangan. Kesalahan dalam pengelolaan tersebut timbul karena tidak adanya monitor pada keuntungan dan kerugian usaha. Salah satu cara untuk mengelola keuangan yang lebih baik adalah dengan sistem pencatatan yang rapi serta membuat laporan keuangan secara rutin. Saat ini sudah banyak software-software yang bisa membantu pencatatan. Keuntungan lain dari adanya pencatatan dan laporan keuangan yang tertata adalah hal tersebut bisa dijadikan sebagai dokumen pendukung dalam pengajuan pinjaman usaha.

Demikianlah tips mengembangkan usaha BUMDes dari kami. Semoga bermanfaat! #SalamBUMDes #TerusBergerak (susiloaji/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *