Pentingnya Pemetaan Potensi dan Pemilihan usaha BUMDes

Pemetaan Potensi Pemilihan Usaha

Bumdes.id Perkembangan Badan Usaha Milik Desa di Indonesia begitu besar dan masif. Tidak lain ini adalah dampak positif dari keberadaan undang undang desa dan dana desa. Dari undang undang desa inilah, geliat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau sebutan lainnya sesuai daerah, kembali memiliki gairah yang luar biasa.

Dana desa terbukti berhasil memberikan dampak dalam upaya pembangunan dan peningkatan kapasitas desa, baik secara infrastruktur maupun peningkatan sumber daya manusia. Salah satu wadah yang kita bersama mempercayai sebagai ‘anak kandung’ dari upaya membangun sosial ekonomi desa adalah Badan Usaha Milik Desa.

Karenanya, keberadaan BUMDes hendaknya benar-benar dapat menjadi wadah yang mampu mewujudkan cita-cita SDM Unggul Indonesia Maju, melalui pergerakan kemandirian dari desa. Jika desa kuat, maka  secara nasional pun ekonomi akan kuat. Mengapa? Karena desa menjadi penyokong, menjadi tiang perekonomian nasional.

Ini yang perlu kita sematkan dalam upaya membangun desa, sehingga kita memiliki semangat yang sama, spirit undang undang desa. Maka, bagi desa wajib hukumnya untuk mendirikan dan mengembangkan BUMDes sesuai dengan cita-cita bersama, cita-cita yang tertuang dalam undang undang desa.

Upaya mendirikan, membangun dan mengembangkan BUMDes memang tidaklah mudah, diperlukan sumber daya manusia unggul dan berkompeten di bidangnya agar BUMDes benar-benar dikelola dengan baik. Sehingga dapat memberi manfaat bagi desa dan warga desa pada umumnya.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perencanaan yang matang sejak awal, yaitu dengan pemetaan potensi dan pemilihan usaha yang tepat. Tepat berarti sesuai dengan karakteristik dan potensi desa, desa di sini bukan hanya desa secara fisik atau tipologi, namun desa secara jiwa yaitu; ciri, tradisi, potensi dari warga desanya.

Mengapa pemetaan potensi dan pemilihan usaha menjadi penting dalam upaya mendirikan BUMDes? Karena ini adalah langkah awal, yang akan digunakan sebagai acuan, sehingga BUMDes benar-benar telah memiliki cetak biru dalam melakukan dan menjalankan aktivitas unit usahanya. Dengan melakukan pemetaan potensi yang tepat dan pemilihan usaha yang tepat, maka BUMDes yang dijalankan adalah BUMDes yang memiliki tujuan. Bukan BUMDes yang abal-abal, hanya mengikuti tren, atau hanya demi cairnya dana desa.

Bagaimana cara melakukan pemetaan potensi BUMDes? Bagaimana cara memilih usaha BUMDes? pertanyaan ini yang akan dijawab tuntas, bukan sekedar materi teori namun materi praktik dalam Training of Trainer TOT Pendamping Bumdes. Sehingga, selama tiga hari pelatihan, peserta akan pulang membawa gambaran dari pemetaan potensi dan pemilihan usaha untuk BUMDes yang tepat dan sesuai dengan desanya.

Bagaimana cara mendapatkan pelatihan tersebut? Sangat mudah, silakan langsung WhatsApp nomor berikut: https://wa.me/6285772900800 . (Ayu)

Sebagai informasi:

Bumdes.id dan Sekolah BUMDes mengadakan Training of Trainers Pendamping Bumdes!

Bertempat di Sekolah BUMDes, Jalan Nogotirto Nomor 15 B, Yogyakarta 55293. Selama 3 hari kami akan sharing tentang bagaimana Pembentukan, Penguatan dan Pengembangan BUMDES, secara sistematis dan aplikatif. 

MATERI secara umum: 

1. Teknik fasilitasi & Filosofi Bumdes ID : bagaimana membina suasana dan relasi dengan warga desa, sehingga pendampingan bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan, serta memahami kaitan BUMDES dengan Pemerintah Desa dan Warga.

2. Pemetaan Potensi dan Pemilihan usaha : ikuti metode yang dikembangkan Bumdes.id untuk secara cepat dan komprehensif menilai potensi-potensi dan memilih berdasarkan kesepakatan dengan warga. 

3. Penyusunan AD/ART dan Perdes: aspek legal apa yang perlu diperhatikan dalam menyusun AD/ART dan Perdes.

4. Menyusun Struktur dan menguatkan tata kelola : Bagaimana menyusun struktur, memilih orang dan membangun tata kelola. 

5. Perencanaan dan Penganggaran : bagaiman menghubungkan rencana strategis desa, dengan rencana strategis bumdes, dan rencana kegiatan dan anggaran tahunan. 

6. Showing Software Akuntansi Bumdes ID: bagaimana mencatat dan melaporkan keuangan bumdes dengan aplikasi Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES (SAAB).

7. Pengembangan BUMDES – Going Digital (web profile dan e-commerce ): Bagaimana BUMDES dapat mengembangkan pemasaran dengan bantuan teknologi digital.

8. Studi lapangan ke Bumdes Percontohan Terbaik.

FASILITAS yang akan didapat: 

1. Sertifikat 
2. Modul 
3. Coffee break dan makan siang selama pelatihan
4. Buku Peta Jalan Bumdes Sukses

Jika ada pertanyaan bisa hubungi: 
Telp/SMS/WA 0857 72 900 800 (tim bumdes.id) atau 0877 38 900 800 (Bu Diana) Telp: 0274-488599

Mari bersama membangun BUMDes Maju. Salam. (Aryanto/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *