Ayo Ikut Studi Banding Untuk Mengembangkan Bumdes

Studi Banding Studi Tiru Bumdes Sukses

Bumdes.id Sahabat Bumdes, keberadaan Badan Usaha  Milik Desa dewasa ini terus tumbuh dan berkembang di desa-desa di berbagai daerah di Indonesia, hal ini menunjukkan antusias dari model lembaga atau badan usaha yang berada di desa atau berskala desa yaitu BUMDes atau nama lainnya.

Kita ketahui bahwa pemerintah memiliki fokus yang luar biasa dalam upaya mengembangkan desa, dengan adanya undang undang desa dan dana desa, sehingga hal ini memompa semangat untuk mendirikan BUMDes dan membangun desa. Semangat ini, tentu saja hal yang baik. Akan tetapi, kita masih saja melihat adanya BUMDes atau program dari pemanfaatan Dana Desa yang belum optimal, misalnya kita masih mendapati BUMDes papan nama, atau program serupa yang hanya sekedar berdiri lalu tidak berjalan.

Nah, ini terjadi tidak lain karena  pemahaman yang belum utuh dari para pegiat atau dalam hal ini pengelola BUMDes. Kita harus sadari bahwa masih ada pengurus BUMDes yang belum benar-benar memiliki pengetahuan cara mengelola BUMDes, sumber daya manusia yang masih kurang kompeten ini, hendaknya menjadi perhatian bersama untuk terus kita dorong melalui; pendidikan dan pelatihan.

Dengan adanya pendidikan dan pelatihan, maka pengelola BUMDes akan mendapatkan gambaran bagaimana mengelola BUMDes dari BUMDes di daerah lain yang telah sukses, telah berhasil mendirikan BUMDes, karena biasanya belajar secara langsung akan lebih mudah dipahami dan mendapatkan gambaran apa yang akan dan perlu dilakukan sepulang dari belajar langsung di BUMDes yang sudah sukses.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan studi banding atau studi tiru. Kegiatan ini akan mengajak peserta dalam hal ini pegiat dan pengelola BUMDes secara langsung berkunjung dan belajar seluk beluk pendirian BUMDes, pengelolaan unit usaha BUMDes, jatuh bangun mengelola BUMDes, langsung dari pelaku yaitu pengurus BUMDes yang menjadi percontohan atau telah terbukti berhasil mengelola unit usaha BUMDes.

Namun, tidak serta merta langsung bisa melakukan studi tiru kemudian menerapkannya. Pengelola BUMDes juga wajib memahami dasar-dasar dari pendirian BUMDes, utamanya mengenai produk undang-undang dan peraturan-peraturan mengenai BUMDes. Selain tentu perlu praktik mengenai bagaimana memetakan potensi dan memilih usaha BUMDes.

Lebih lanjut, pengelola BUMDes juga perlu dibekali bagaimana mengelola keuangan BUMDes. Administrasi dan keuangan ini wajib dipahami secara detail, agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan pelaporan. Hal ini tentu berbahaya, karena  penggunaan Dana Desa diawasi penggunaannya. Jangan sampai, pelaporan yang salah mengakibatkan desa kita terjerat kasus hukum dana desa.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan studi banding, studi tiru, dan studi lapangan lengkap dengan bimtek dan pelatihan langsung seputar BUMDes. Sebaiknya Anda mengikuti kelas-kelas yang ada di Sekolah Bumdes, seperti Bimtek dan Training of Trainers. Seperti di bawah ini.

Bumdes.id dan Sekolah BUMDes kembali mengadakan Training of Trainers Pendamping Bumdes!

Selama 3 hari kami akan sharing tentang bagaimana Pembentukan, Penguatan dan Pengembangan BUMDES, secara sistematis dan aplikatif. 

MATERI secara umum: 

1. Teknik fasilitasi & Filosofi Bumdes ID : bagaimana membina suasana dan relasi dengan warga desa, sehingga pendampingan bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan, serta memahami kaitan BUMDES dengan Pemerintah Desa dan Warga.

2. Pemetaan Potensi dan Pemilihan usaha : ikuti metode yang dikembangkan Bumdes.id untuk secara cepat dan komprehensif menilai potensi-potensi dan memilih berdasarkan kesepakatan dengan warga. 

3. Penyusunan AD/ART dan Perdes: aspek legal apa yang perlu diperhatikan dalam menyusun AD/ART dan Perdes.

4. Menyusun Struktur dan menguatkan tata kelola : Bagaimana menyusun struktur, memilih orang dan membangun tata kelola. 

5. Perencanaan dan Penganggaran : bagaiman menghubungkan rencana strategis desa, dengan rencana strategis bumdes, dan rencana kegiatan dan anggaran tahunan. 

6. Showing Software Akuntansi Bumdes ID: bagaimana mencatat dan melaporkan keuangan bumdes dengan aplikasi Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES (SAAB).

7. Pengembangan BUMDES – Going Digital (web profile dan e-commerce ): Bagaimana BUMDES dapat mengembangkan pemasaran dengan bantuan teknologi digital.

8. Studi lapangan ke Bumdes Percontohan Terbaik.

FASILITAS yang akan didapat: 

1. Sertifikat 
2. Modul 
3. Coffee break dan makan siang selama pelatihan
4. Buku Peta Jalan Bumdes Sukses

Informasi lebih lengkap: Pendaftaran: Telp/SMS/WA https://wa.me/6285772900800. (Ayu)

Lengkap kiranya ketika Studi Banding dibarengi dengan pembekalan materi dan praktik lengkap BUMDes. Tunggu apa lagi, mari bersama meningkatkan BUMDes menuju Bumdes Sukses. Salam. (Aryanto/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *