Pelatihan BUMDes [ Badan Usaha Milik Desa ]

Pelatihan BUMDes

Semenjak disahkannya Undang-Undang Desa tahun 2014 Desa memiliki kewenangan untuk mandiri dan bisa menghasilkan pendapatan sendiri. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh sebuah desa untuk mendapatkan pendapatan sendiri. Salah satunya adalah dengan mendirikan BUMDes ini. Ikuti Pelatihan BUMDes dari bumdes.id agar bumdesmu bisa sukses.

Namun ada banyak sekali kendala yang ditemui dilapangan. Dari tidak meratanya SDM setiap Desa hingga Pola pikir keberhasilan Masyarakat Desa yang hanya melihat keberhasilan sebuah era kepemimpinan Kepala Desa hanya dilihat dari Pembangunan yang sudah dikerjakan.

Padahal dengan adanya Undang-Undang Desa ini, sebuah Desa dipinggiran sekalipun bisa menjadi pusat perekonomian yang baru. Sehingga masyarakat yang ada di desa tersebut tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk bisa meningkatkan perekonomian keluarganya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh sebuah Desa untuk meningkatkan perekonomiannya adalah dengan membuka sebuah BUMDes atau Badan Usaha Miliki Desa. Namun banyak sekali kendala yang ditemukan di Desa, salah satu kendalanya adalah seperti yang sudah dipaparkan diatas. SDM di Desa belum mampu untuk mengembangkan dan menguatkan usaha BUMDes maka diperlukan sebuah Pelatihan BUMDes.

BUMDes diakui keberadaannya oleh pemerintah dan dilindungi oleh Undang-Undang, namun masih banyak dari Pemerintah Desa yang belum memahami tentang keberadaan BUMDes. Memang tidak mudah untuk memulai sebuah unit usaha BUMDes. Ada banyak tahapan yang perlu dilakukan agar semuanya bisa berjalan dengan sukses. Maka pelatihan bumdes ini hadir untuk membantu menguatkan dan atau membentuk sebuah bumdes agar bisa sukses dan bisa meningkatkan pendapatan Desa.

Kenapa harus mengikuti Pelatihan Bumdes?

Pelatihan Bumdes ini patut untuk diikuti karena dengan mengikuti pelatihan ini maka diharapkan bisa mengembangkan BUMDes yang bisa terus berkembang. Pelatihan BUMDes ini mencakup bagaimana membangun dan menguatkan sebuah BUMDES.

  • Fasilitas Lengkap

Pelatihan BUMDes ini menyediakan berbagai macam fasilitas lengkap yang cukup menarik.  Dari Mulai Lokasi Pelatihan, Materi Hingga Study Lapangan kami berikan yang terbaik untuk anda. Para peserta pelatihan ini akan mendapatkan kenyamanan dalam pelaksaan pelatihan sehingga diharapkan mampu menyerap semua materi yang diberikan.

Oleh karena itulah pelatihan ini disebut sebagai Pelatihan BUMDes Terbaik karena fasilitasnya yang lengkap seperti:

  • Makan Siang
  • Coffebreak
  • Modul Peserta
  • Seminar Kit
  • Sertifikat
  • Konsultasi Setelah Pelatihan
  • Narasumber

Yang menjadi daya tarik selanjutnya dari Pelatihan BUMDes ini adalah dengan adanya Narasumber yang sudah berpengalaman di Bidang BUMDes dan DESA. Narasumber utama adalah Bapak Rudy Suryanto yang merupakan Pendiri BUMDES.ID dan SEKJEN Forum BUMDES Indonesia. Didampingi oleh beberapa pengelola BUMDES yang sudah sukses baik itu dari BUMDes yang ada di Jogja maupun yang ada di Luar Jogja akan kami hadirkan spesial untuk anda.

  • Materi

Poin ketiga yang membuat Pelatihan Bumdes ini menjadi semakin menarik adalah selain nama-nama profesional di Bidang Bumdes ini ada adalah materi yang disampaikan tidak hanya sekedar materi oleh narasumber namun juga ada berbagai macam tips dan sharing pengalaman mengenai BUMDES.

Sebuah Desa seharusnya memiliki sebuah BUMDES sebagai wadah untuk membangun sebuah desa. Dengan adanya BUMDes ini diharapkan desa akan memiliki pendapatan yang bisa digunakan untuk membangun sebuah Desa itu sendiri. Dengan adanya Bumdesa yang Mandiri maka kebangkitan Ekonomi Indonesia dari Desa bukanlah menjadi hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Dengan mengikuti Pelatihan Bumdes ini maka desa dan Bumdes akan berjalan dengan maksimal karena fungsi pengawasan dan pendampingan bisa berjalan berirama. Namun ihal tersebut tidak mungkin bisa tercapai jika Bumdes sendiri tidak memiliki Kemampuan SDM yang unggul dan SDM yang unggul ini bisa diwujudkan salah satunya dengan mengikuti Pelatihan Bumdes ini.

Sudah banyak kasus yang terjadi dikalangan desa serta bumdes yang pada akhirnya hanya sekedar nama saja / atau hanya sekedar berdiri namun tidak bisa berkembang. Kebanyakan dari mereka salah memilih jenis usaha dan kurangnya SDM pengelola BUMDes dan kesadaran Warga Masyarakat untuk turut serta membangun BUMDes ini bisa berkembang.

Untuk bisa memiliki BUMDES yang unggul harus dimulai dari Sumber Daya Manusia Pengelola yang unggul pula.

Selain itu juga, sebagai salah satu pengurus desa kita tidak bisa mengandalkan dari adanya dana desa di setiap tahunnya yang diberikan oleh pemerintah. Dana yang diberikan oleh pemerintah juga inii harus bisa kita gunakan untuk mengembangkan sebuah usaha untuk desa yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa ini.

Sehingga keuntunggan dari permodalan dari Dana Desa ini awalnya akan bisa kita gunakan untuk membangun sarana dan prasarana desa yang lebih baik kedepannya. Tentunya diperlukan SDM yang Unggul untuk bisa mewujudkan semua mimpi besar itu.

Dengan adanya Dana Desa serta BUMDes yang digunakan untuk mengelola sebagian dana desa untuk usaha maka bukan tidak mungkin dalam waktu dekat kesejahteraan warga akan meningkat. Namun pada pelaksanaannya masih banyak BUMDes yang gagal melaksanakan tujuan program tersebut, selain karena kemampuan yang tidak memadai namun juga terjadi penyimpangan yang dikarenakan penyalahgunaan dana tersebut.

Oleh karena itu diperlukan adanya pelatihan BUMDes agar orang yang nantinya dipilih oleh warga untuk menjadi pengelola BUMDES ini memiliki kemampuan serta pengetahuan yang memadai untuk bersinergi dengan lingkungan desa yang ada.

Kemampuan Manajerial, Akuntansi serta karakter yang kuat sangat diperlukan agar bisa menciptakan Staff Pengelola Bumdes yang Jujur serta bertanggung jawab.

Memiliki seorang Pemimping Bumdes yang memiliki semua kemampuan diatas memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan juga semangat untuk mengembangkan tugas ini dengan sukarela demi kemajuan Desa. Bisa mengelola Dana Desa dari Pemerintah serta Swadasa Masyarakat ini dengan sukses tanpa adanya penyelewengan Dana. Dana yang diberikan bisa tepat guna sesuai dengan kebutuhan dan bisa menghasilkan. Sehingga setiap ada kegiatan / di akhir tahun bisa mempertanggung jawabkan apa yang sudah bumdes ini hasilkan.

Kegiatan Pelatihan Bumdes ini dilatarbelakangi oleh banyaknya BUMDes yang ada di kebanyakan desa di Indonesia ini tidak jalan / tidak ada kegiatan dan parahnya lagi terancam untuk tutup. Hal ini karena kurangnya keahlian SDM yang dimiliki oleh para pengurus BUMDes yang ada di Desa tersebut. Kurangnya keahlian ini bisa dikurangi dengan mengikuti Pelatihan BUMDes dari bumdes.id ini.

Metode pelatihan yang digunakan oleh bumdes.id adalah metode sekolah lapangan yang menggabungkan teori dan praktik secara langsung. Sehingga diharapkan peserta merasa tidak bosan dan bisa menyerap semua materi yang diberikan oleh para Master BUMDes dari bumdes.id

Yang perlu kita garis bawahi bersama dan harus kita yakini adalah setiap Desa di penjuru Negeri ini semuanya memiliki Potensi. Potensi yang dimiliki ini bila dikembangkan dengan baik pasti bisa mensejahterakan masyarakatnya. Namun yang menjadi masalah adalah Warga Desa ini yang tidak menyadari besarnya Potensi yang dimiliki.

Pada Kesempatan inilah maka sebenarnya Potensi BUMDes ini bisa dikembangkan dan bisa menjadi sebuah unit usaha yang bisa mensejahterakan warga masyarakatnya. Usaha yang dikembangkan ini berbasis potensi asli desa yang pastinya seleuruh warga desa yang ada pasti bisa mendapatkan manfaat dari unit usaha bumdes ini.

Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi desa guna meningkatkan kesejahteraan warga desa ini maka bumdes.id menciptakan sebuah Program Pelatihan BUMDes yang menggabungkan pola belajar dikelas dan langsung ke lapangan.

Dalam Pelatihan BUMDes ini saat langsung ke lapangan ini akan diajak untuk mengunjungi sebuah BUMDes yang sudah sukses guna study banding dan bisa ditiru untuk diaplikasikan ke BUMDes yang baru akan dibentuk oleh peserta Pelatihan BUMDes ini.

Dengan adanya metode ini maka diharapkan peserta bisa dengan cepat menyerah semua materi yang diberikan. Sehingga saat kembali ke Desanya kembali bisa mendapatkan keahlian untuk membentuk dan mengelola sebuah BUMDes yang bisa sukses serta bisa mensejahterakan warga.

Pelatihan BUMDes ini juga diharapkan bisa menjadi solusi bagi setiap desa yang memiliki masalah tentang BUMDes. Setelah selesai mengikuti Pelatihan ini bisa mendapatkan pencerahan atau obat terhadap apa yang menjadi masalah dalam BUMDesnya.

Metode Pelatihan BUMDes              

Metode yang digunakan dalam pelatihan dan pendampingan bumdes ini adalah menggunakan metode di dalam kelas dan langsung praktik ke BUMDes terbaik secara langsung. Ditambah lagi dengan adanya Joglo Sekolah BUMDes maka pelatihan ini akan memiliki nuansa desa yang kental. Joglo yang berada dekat dengan sawah menambah nuansa asli desa di Pelatihan BUMDes ini.

Tujuan Kegiatan Pelatihan BUMDes

  • Memahami cara menggali Potensi Desa dan mengetahui cara untuk mengembangkan potensi desa tersebut sehingga bisa menjadi desa Mandiri.
  • Memahami cara untuk menginisiasi, memulai, menentukan jenis usaha dan Mengembangkan Badan Usaha Milik Desa sebagai lembaga yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang ada di Desa.
  • Memahami bagaimana memanajemen sebuah organisasi BUMdes dan cara Pengelolaannya.
  • Mampu Merancang Desain serta Strategi rencana pengembangan untuk BUMDes yang akan dibentuk.
  • Mampu Memahami cara memasarkan Usaha BUMDes yang akan dijalankan.

Manfaat Kegiatan Pelatihan BUMDes

  • Memberikan pengenalan perencanaan desa berbasis potensi yang mampu menggerakkan pembangunan desa
  • Memberikan pemahaman mengenai prosedur pembentukan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa yang partisipatif, inovatif, edukatif, transparan, dan akuntabel
  • Memberikan daya kreativitas wirausaha dalam mengembangkan BUMDes di desa.
  • Mengenalkan keragaman usaha BUMDes yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan desa

Materi Pelatihan BUMDes secara umum:

  1. Teknik fasilitasi & Filosofi Bumdes ID : bagaimana membina suasana dan relasi dengan warga desa, sehingga pendampingan bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan, serta memahami kaitan BUMDES dengan Pemerintah Desa dan Warga.
  2. Pemetaan Potensi dan Pemilihan usaha : ikuti metode yang dikembangkan Bumdes.id untuk secara cepat dan komprehensif menilai potensi-potensi dan memilih berdasarkan kesepakatan dengan warga.
  3. Penyusunan AD/ART dan Perdes: aspek legal apa yang perlu diperhatikan dalam menyusun AD/ART dan Perdes.
  4. Menyusun Struktur dan menguatkan tata kelola : Bagaimana menyusun struktur, memilih orang dan membangun tata kelola.
  5. Perencanaan dan Penganggaran : bagaiman menghubungkan rencana strategis desa, dengan rencana strategis bumdes, dan rencana kegiatan dan anggaran tahunan.
  6. Showing Software Akuntansi Bumdes ID: bagaimana mencatat dan melaporkan keuangan bumdes dengan aplikasi Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES (SAAB).
  7. Pengembangan BUMDES – Going Digital (web profile dan e-commerce ): Bagaimana BUMDES dapat mengembangkan pemasaran dengan bantuan teknologi digital.
  8. Studi lapangan ke Bumdes terbaik yang ada di Jogja.

Studi Lapangan BUMDes Terbaik

Studi Lapangan di acara Pelatihan BUMDes ini merupakah salah satu cara cepat guna menciptakan perubahan bagi peserta pelatihan. Dengan berkunjung ke BUMDes yang sudah sukses ini maka diharapkan peserta pelatihan bisa mereplika atau meniru metode yang digunakan.

Dengan adanya Study Lapangan ini pula bisa mengerti langsung kondisi lapangan dan bagaimana bisa memulai sebuah BUMDes yang bisa sukses. Diskusi terbuka dengan para pelaku Usaha BUMDes ini secara langsung ini pula bisa menjadi nilai tambah materi yang tidak ada di dalam kelas.

Manfaat Studi Lapangan  

  • Memberikan wawasan dan pengetahuan baru serta mengetahui kondisi lapangan secara langsung.
  • Sebagai bahan analisa untuk membandingkan dengan kondisi asli desa sehingga bisa menghasilkan rumusan baru untuk BUMDes baru yang akan dibentuk.
  • Menambah Jaringan Kerjasama sesama BUMDes untuk bisa saling menguatkan.

Pelatihan-Pelatihan BUMDes ini perlu digalakkan dan dilakukan di Seluruh Indonesia guna mempercepat terciptanya perekonomian Indonesia dari Desa. Besarnya Dana Desa yang dikeluarkan oleh Pemerintah Diharapkan bisa digunakan sebagian untuk memulai sebuah Unit Usaha Milik Desa dengan BUMDes.

Dengan Dana Desa yang dikeluarkan diawal sebagai modal awal untuk memulai usaha BUMDes ini diharapkan bisa menyumbang PAD. Selain memiliki manfaat langsung dengan masyarakat yang ada juga BUMDes diharapkan bisa Mandiri.

Selain itu juga dengan diperlakukannya sistem pengawasan dan Pengendalian oleh Pemerintah Pusat langsung ke Desa juga diharapkan Pemerintah Desa siap dengan Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa yang sudah digunakan. Namun beda kasusnya kalau Dana Desa sebagian ini digunakan untuk BUMDes maka Dana Desa yang masuk ke BUMDes diawalnya saja yang perlu dipertanggung jawabkan.

Namun bagaimana untuk memulai semuanya itu tentunya akan selalu menjadi pertanyaan dan kendala bagi setiap Desa. Oleh karena itu BUMDes.id hadir menyelenggarakan Pelatihan BUMDes bagaimana Menumbuhkan, Menguatkan BUMDes sehingga berhasil menjadi ujung tombak peningkatan Perekonomian Desa.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti Pelatihan BUMDes ini bisa langsung menghubungi tim BUMDES.ID :

WA / Call : 085 772 900 800
Email : tim@bumdes.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *