Mengapa BUMDes Perlu Studi Banding?

studi banding bumdes sukses

Bumdes.id Dalam upaya mengembangkan BUMDes bagi pengelola BUMDes sering kali melakukan studi banding ke BUMDes lain yang dinilai telah lebih dahulu menjalankan BUMDes dan terbukti berhasil. Hal ini, tidak lain karena keinginan yang sama untuk dapat menjalankan BUMDes yang berhasil dan maju, sehingga dapat memberikan manfaat bagi desa dan masyarakat pada umumnya.

Bagi pengelola BUMDes yang sudah pernah melakukan kegiatan studi banding ke BUMDes lain pasti mendapatkan banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan studi banding tersebut. Tapi sebagian pengelola BUMDes juga masih ada bertanya-tanya menapa BUMDes perlu melakukan studi banding? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka kami ulas alasannya dari manfaat yang didapatkan ketika BUMDes melakukan studi banding.

1. Dengan melakukan studi banding, pengelola BUMDes tentunya akan mengetahui perbedaan pengelolaan BUMDes milik mereka dengan BUMDes milik lokasi tujuan studi banding, hal ini akan memberikan penilaian apa lebih baik atau lebih buruk.

2. Pengelola BUMDes akan lebih terbuka pikirannya. Maksudnya di sini dengan studi banding ini akan menambah pengetahuan pengelola BUMDes, baik dari segi cara bekerja atau pengelolaan. Pengetahuan ini tentu saja sangat bermanfaat bagi pengelola BUMDes.

3. Pengelola BUMDes akan termotivasi dengan melihat secara langsung keberhasilan yang elah dicapai oleh BUMDes di daerah lain. Motivasi yang didapat secara langsung dalam artinya menyaksikan dan mengalami akan lebih berdampak pada semangat diri, dari pada hanya sekedar melihat atau mendengarĀ  melalui orang lain secara tidak langsung.

4. Pengelola BUMDes dapat meniru atau duplikasi dari unit usaha yang sudah dijalankan dari lokasi studi banding, namun hal ini tidak boleh asal tiru saja, harus melakukan studi kelayakan terlebih dahulu dan melakukan penilaian lebih dalam apakah unit usaha yang ada juga dapat diaplikasikan di daerah kita.

5. Pengelola BUMDes dalam melakukan studi banding, akan mendapatkan pengalaman secara langsung bagaimana menjalankan unit usaha yang berhasil dari BUMDes yang dijadikan tujuan studi banding. Pengalaman ini, dapat diambil sisi-sisi yang sekira bisa diaplikasikan dalam menjalankan BUMDes sesuai dengan karakter BUMDes kita.

Masih banyak manfaat lain, namun pada dasarnya  studi banding bagi pengelola BUMDes adalah untuk memberikan pengalaman dan gambaran secara langsung tentang jatuh bangun mendirikan BUMDes yang saat ini telah berhasil, sehingga ketika akan mengadakan studi banding harus benar-benar memiliki perhitungan yang tepat jangan sampai salah pilih tempat kunjungan.

Sebagai contoh: jika desa kita adalah desa yang memiliki potensi pariwisata maka ketika kita akan melakukan studi banding harus mencari desa atau BUMDes yang memiliki unit usaha pariwisata, itu juga harus diperhatikan misal jenis wisatanya apa, apakah alam, apakah edukasi, apakkah budaya. Sehingga dalam studi banding dapat sesuai dengan kebutuhan yang ada di desa kita.

Karenanya, studi banding tidak boleh hanya sekedar melakukan studi banding, perlu adanya persiapan dan tim yang akan menjalankan studi banding tersebut, tim ini yang akan bertugas mencari dan menyusun seluruh kebutuhan dari studi banding.

Di Sekolah BUMDes yang menjadi pusat pendidikan dan pelatihan dan menjadi bagian dari destinasi kunjungan pengelola BUMDes dan akademisi ketika ke Jogja, memberikan pelayanan rangkaian studi banding kepada mitra BUMDes kami di wilayah D.I Yogyakarta.

Ketika Anda memerlukan studi banding, Anda dapat menghubungi kami, tentu sesuai kebutuhan dari BUMDes Anda, dan tidak hanya sekedar studi Banding, Anda akan mendapatkan paket pendidikan dan pelatihan, serta konsultasi BUMDes, selain itu Anda juga dapat melakukan Cek Kesehatan BUMDes untuk mengetahui BUMDes Anda sedang dalam tahapan apa, dan untuk mengetahui persoalan atau hambatan yang dialami BUMDes Anda, sehingga tidak hanya mendapat pengalaman studi banding, namun mendapat pengalaman serta cara untuk mengembangkan BUMDes Anda.

Sekolah Bumdes menerima kunjungan setiap hari kerja, untuk memberikan layanan seputar update informasi BUMDes, jika Anda sedang berada di Yogyakarta maka tidak salah jika Anda menyempatkan waktu luang Anda untuk berkunjung  ke Sekolah Bumdes sebagai pusat pendidikan dan pelatihan BUMDes di Indonesia.

Sekolah Bumdes beralamat diĀ  Jalan Nogotirto No 15 B Gamping Sleman, Area Sawah, Banyuraden, DIY, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Informasi lebih lanjut perihal jadwal pendidikan dan pelatihan serta jadwal kunjungan dapat menghubungi Telepon: 0857-7290-0800. [ Aryanto Bumdes.ID ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *