Mau BUMDes Sukses? Goes to Sekolah BUMDes!

5 tahun sudah Undang-undang Desa menjadi dasar bagi berdirinya BUMDes di Indonesia. Banyak sekali BUMDes-BUMDes yang sudah berdiri di desa-desa tiap provinsi. Beberapa di antaranya sudah maju dan berkembang, ada juga yang menjadi BUMDes percontohan bahkan tidak sedikit yang sudah melanglangbuana ke luar negeri karena prestasi yang telah diukir. Namun, masih banyak BUMDes di Indonesia ini yang belum berkembang, stuck di tempat bahkan mati suri dan mengalami kegagalan.

Untuk megantisipasi BUMDes gagal, Bumdes.id mulai membuka Sekolah BUMDes di Yogyakarta. Sekolah BUMDes ini dibuat untuk mencetak BUMDes yang berkembang dan maju. Sekolah BUMDes nantinya menjadi sarana pembelajaran bagi BUMDes-BUMDes seluruh Indonesia yang ingin belajar lebih mendalam mengenai pengelolaan dan peningkatan kapasitas BUMDes. Sekolah BUMDes di Yogyakarta ini juga diharapkan dapat menjadi acuan para pengelola atau akademisi yang concern di bidang BUMDes. Sekolah BUMDes bisa menjadi pelecut bagi para pengelola BUMDes yang mampir untuk belajar tentang BUMDes sehingga transfer ilmu yang dilakukan bisa diaplikasikan di BUMDes masing-masing. Lantas manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari Sekolah BUMDes?

Di Sekolah BUMDes, para siswa (dalam hal ini peserta) akan mendapatkan banyak ilmu dan juga rekomendasi terkait BUMDes dari konsultan. Siswa Sekolah BUMDes akan dikenalkan dengan CKU (Cek Kesehatan Usaha) BUMDes. Yang mana melalui CKU ini, BUMDes akan mengetahui posisinya berada di mana, apakah masih dalam masa memulai, tumbuh berkembang, dan seterusnya. Dengan CKU ini, BUMDes juga bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan dari usaha BUMDes-nya selama ini.

Selain CKU, siswa Sekolah BUMDes juga akan mendapatkan layanan konsultasi dari Konsultan Bumdes.id. Siswa akan mendapatkan rekomendasi dari hasil CKU-nya sehingga siswa tahu bagaimana menindaklanjuti permasalahan BUMDes. Siswa juga bebas untuk bertanya pada Konsultan Bumdes.id. Proses ini diharapkan dapat memberikan jalan untuk BUMDes dapat memajukan dan mengembangkan usaha BUMDesnya.

Oleh karena itu, tunggu apalagi. Jangan ragu untuk datang berkunjung ke Sekolah BUMDes. Untuk info lebih lanjut bisa update di website Bumdes.id, facebook Bumdes.id, aplikasi Bumdes.id, dan juga bisa menghubungi nomor Bumdes.id (085 772 900 800). (ayuresti/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *