Dua Sisi Mata Uang Dalam Studi Banding BUMDes

Bumdes.id – Saat ini, mayoritas pengurus BUM Desa semakin giat untuk melakukan kunjungan lapangan dan studi banding ke BUM Desa-BUM Desa sukses yang ada di daerah lain. Kunjungan-kunjungan tersebut selain bermanfaat untuk melakukan survei juga menguntungkan di kedua belah pihak. Di sisi pengunjung, mereka dapat mengamati lebih jelas dan mendapatkan pemaparan cerita pengembangan BUM Desa langsung dari pelakunya, serta BUM Desa pengunjung dapat bertanya jawab langsung terkait kendalanya dalam mengembangkan BUM Desa di desa.

Selain itu, bagi BUM Desa tuan rumah, mereka juga diuntungkan dengan adanya kegiatan tersebut. Bagi mereka, kegiatan tersebut bisa dilihat dari 2 (dua) sisi mata uang. Pertama, kegiatan studi banding dapat berguna sebagai kesempatan bagi BUM Desa untuk saling bertukar pikiran tentang permasalahan atau potensi yang dihadapi antar BUM Desa. Didalamnya kita dapat memperluas jaringan dan kemungkinan kerjasama antar BUM Desa. Lebih luas lagi, BUM Desa tuan rumah dapat mengenalkan lebih jauh tentang segala keunikan dari BUM Desa mereka. Hal ini seperti promosi gratis bagi BUM Desa tuan rumah. Dengan sendirinya, BUM Desa tersebut akan lebih dikenal hingga ke berbagai pelosok negeri.

Selanjutnya, sisi lain dari mata uang terebut ialah adanya pengembangan usaha sebuah wahana wisata desa yang dikemas dalam sebuah paket kunjungan lapangan atau paket studi banding. Program serupa sudah dijalankan beberapa BUM Desa yang ada di Yogyakarta saat ini. Beberapa BUM Desa bintang 5 yang ada di Jogja telah mengembangkan kegiatan studi banding yang ada di BUM Desa mereka menjadi sebuah unit usaha baru, yakni Wisata Desa atau dalam hal ini adalah Event Organizer (EO). Didalamnya, BUM Desa mengemas produknya dengan berbagai paket kegiatan tour di dalam desa, paket studi banding, dan paket kegiatan lainnya seperti pernikahan atau event lainnya.

Mudahnya, BUM Desa fokus pada pendirian, pemilihan usaha yang tepat, meningkatkan kepercayaan warga, meningkatkan pendapatannya, mengembangkan usahanya, dan melengkapi segala administrasi yang diperlukan hingga menjadi BUM Desa bintang 5. Hal ini tentunya akan mendorong BUM Desa tersebut dilirik oleh BUM Desa yang lain untuk dijadikan BUM Desa percontohan dan mendorong BUM Desa percontohan ini menyediakan sebuah paket atau unit yang mengelola kunjungan BUM Desa dan event – event yang bisa diselenggarakan di BUM Desa. BUM Desa pasti BISA! (susiloaji/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *