Bukan Pengurus BUMDes, Bolehkah Ikut Serta Dalam Sekolah BUMDes?

Sekolah BUMDes SMB milik Bumdes.id sedang gencar-gencarnya dicari khalayak ramai. Banyak warganet yang memperbincangkan Sekolah BUMDes SMB, dan tak sedikit yang di antara mereka ini ingin ikut serta dalam Sekolah BUMDes SMB.

Namun, warganet masih mempertanyakan, apakah yang boleh mengikuti program Sekolah BUMDes SMB ini hanya para pengurus BUMDes saja? Bagaimana dengan apparat desa, akademisi, dan masyarakat umum lainnya?

Perlu diketahui, Sekolah BUMDes SMB ini memiliki konsep di mana para pesertanya nanti akan mendapatkan beragam ilmu pengetahuan terkait BUMDes. beberapa di antaranya adalah filosofi BUMDes, cek kesehatan usaha (CKU) BUMDes, dan juga sistem aplikasi akuntansi BUMDes (SAAB). Saat kegiatan nanti, para peserta akan disuguhkan dengan BUMDes Gallery, yang mana di dalamnya terdapat berbagai contoh template dokumen BUMDes dan juga berbagai produk BUMDes yang sengaja dipamerkan sebagai media pembelajaran BUMDes.

Dengan demikian, tentu Sekolah BUMDes SMB ini sangat terbuka untuk khalayak umum yang ingin belajar dan lebih tahu lagi mengenai BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa. Terlebih jika yang datang berkunjung adalah pengurus BUMDes, mereka bisa sekalian memeriksakan kesehatan usaha BUMDesnya di Sekolah BUMDes SMB.

Selain itu, para peserta bebas bertanya kepada tour guide atau konsultan yang mendampingi terkait BUMDes. Para peserta bisa sesekali melihat isi dari template dokumen yang dipamerkan, seperti contoh Peraturan Desa (Perdes), AD/ART, laporan keuangan, dan lain-lain. Jika ingin mengetahui BUMDes lebih dalam, maka para peserta ini bisa mengikuti kelas Sekolah BUMDes, yang mana teori tentang filosofi BUMDes, CKU, dan SAAB akan dikupas lebih tuntas di dalam kelas.

Oleh karena itu, bagi sahabat BUMDes yang ingin ikut serta menjadi peserta Sekolah BUMDes SMB, bisa langsung datang ke Jogjakarta, tepatnya ke Sekolah BUMDes SMB yang letaknya berada di Jalan Nogotirto Nomor 15 B, Yogyakarta. Tempatnya sangat dekat dengan Tugu dan juga Malioboro. Sahabat BUMDes bisa belajar di Sekolah BUMDes SMB dan juga berekreasi di sekitara Tugu Jogja dan Malioboro. Tunggu apalagi? Ayo jadi peserta Sekolah BUMDes SMB! (ayuresti/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *