Belajar BUMDes? Ya di Sekolah BUMDes!

bumdes yang baik dan benar

Kabar baik bagi BUMDes-BUMDes di seluruh Indonesia. Kini, Yogyakarta sebagai laboratorium pendidikan di Indonesia kembali menghadirkan pusat studi pengembangan desa melalui BUMDes.

Dengan cepat, BUMDes mampu berkembang secara pesat di Indonesia. Berkat program pemberdayaan masyarakat desa dari pemerintah ini, desa-desa di Indonesia semakin giat untuk mengembangkan potensinya melalui kegiatan usaha yang diberi wadah melalui BUMDes yang didukung oleh dana desa. Perlu diketahui, pertumbuhan yang pesat ini sesungguhnya tampak dalam data yang dirilis oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa) hingga tahun 2019 yang menunjukkan sudah terbentuk sebanyak 45.849 BUMDes di seluruh Indonesia dari total 71.000 Desa.

Tentunya pencapaian di atas cukup fantastis, karena secara singkat program ini dapat diterima dan dijalankan sehingga membantu Pemerintah Pusat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. BUMDes.id sebagai lembaga swasta yang ikut mendukung program Pemerintah Pusat tersebut secara aktif juga telah ikut terjun mendampingi BUMDes – BUMDes di seluruh Indonesia sehingga mampu berjalan dengan baik. Berdasarkan survei yang kami lakukan kepada BUMDes – BUMDes di seluruh Indonesia, terdapat 93% BUMDes yang belum mampu beranjak naik “grade-nya” dari “BUMDes Bintang 1” karena mereka masih tertahan pada masalah pemetaan potensi dan juga pemilihan usaha.

Beberapa permasalahan tersebut merupakan tantangan awal yang dimiliki BUMDes sebelum melakukan pendirian atau setelah legalisasi disusun. Berbagai permasalahan BUMDes Bintang 1 harus segera diatasi agar spirit yang ada tidak segera luntur dan tenggelam hanya karena kurang tepatnya proyeksi dan pemetaan yang dilakukan dalam pembentukan BUMDes ini. Desa juga harus bisa duduk bersama memikirkan apa yang harus dilakukan agar permasalahan tersebut bisa segera teratasi. Berangkat dari data tersebut, kini kami menghadirkan solusi bagi warga desa, khususnya BUMDes – BUMDes untuk bisa bangkit dan segera beranjak menjadi BUMDes bintang 2 dan 3, yaitu BUMDes yang mampu memberikan dampak positif bagi warga desa melalui Sekolah BUMDes (SB).

Apa itu sekolah BUMDes? Sekolah BUMDes merupakan sebuah layanan yang kami tawarkan dengan berbagai kurikulum di dalamnya yang mana disesuaikan dengan permasalahan – permasalahan yang kami temukan dalam perjalanan kami mendampingi desa dan BUMDes di seluruh Indonesia. Kami telah melakukan pengelompokkan masalah dan predikat dari BUMDes Bintang 1 hingga 3 dengan berbagai permasalahan yang dihadapi. Melalui Sekolah BUMDes ini, BUMDes akan dipetakan permasalahannya, diberikan materi-materi sesuai kebutuhan atau permasalahan dan dilengkapi dengan tools – tools agar dapat langsung diterapkan dan memecahkan masalah yang ada. BUMDes harus bangkit, BUMDes harus aktif dan bisa segera berperan besar bagi desa untuk mewujudkan desa yang maju, desa yang berdaulat, dan masyarakat desa yang sejahtera. (susiloaji/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *