Bagaimana Merancang Unit Usaha BUMDes?

Sekolah Bumdes

Bumdes.id merancang unit usaha BUMDes memang pekerjaan yang memerlukan langkah-langkah serius, hal ini karena hasil dari pada rancangan tersebut akan menjadi peta jalan dalam mendirikan, mengembangkan dan memajukan unit usaha BUMDes nantinya, sehingga pengelola tidak lagi kehilangan arah atau salah arah dalam menjalankan unit usaha BUMDes.

Bagaimana merancang unit usaha BUMDes? Ada banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya di Sekolah Bumdes kami memiliki mata latih yang dirancang secara khusus dari hasil implementasi BUMDes dampingan kami selama ini dan terbukti berhasil.  Mata latih tentang bagaimana merancang unit usaha BUMDes ini menjadi bagian penting dalam rangkaian Training of Trainers yang diadakan Bumdes.id dan Sekolah Bumdes.

Bumdes.id bersama Sekolah Bumdes kembali mengadakan Training of Trainers (ToT) Pendamping BUMDes Angkatan 18 di Sekolah BUMDes selama tiga hari 22 – 24 Agustus 2019, pada hari pertama terdapat pemaparan materi tentang Asa Kemandirian Desa: Sepotong Cerita dari Panggungharjo serta Tata Kelola Desa dan BUMDes: Membangun Kemandirian Desa Lewat BUMDes oleh Kepala Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi. Pada hari kedua fokus pada pertanyaan awal dalam artikel kali ini yaitu bagaimana merancang unit usaha BUMDes.

Sebagai informasi Sekolah Bumdes adalah Sekolah Lapangan. Pendidikan Informal untuk meningkatkan kapasitas pengelola Bumdes dan menanamkan nilai-nilai kewirausahaan sosial, kearifan lokal dan kepedulian lingkungan. Hal ini didukung dengan metode pendidikan dan pelatihan serta kurikulum dan mata latih yang kami gunakan. Misalnya dari sarana dan prasarana kami desain dengan nuansa sekolah lapangan.

Pada hari kedua ini, materi yang dibawakan adalah pemilihan jenis usaha dan pemetaan bentang, yaitu materi yang akan menjawab pertanyaan bagaimana merancang unit usaha BUMDes. Pemilihan jenis usaha dan pemetaan bentang akan sangat berguna untuk melakukan analisis potensi dan mengetahui hambatan serta menguji kelayakan sebuah usaha yang akan dijalankan.

Peserta begitu berantusias pada sesi ini, peserta dibagi dalam 4 kelompok untuk melakukan praktik pemetaan bentang dan penyusunan rencana usaha. Setiap kelompok akan membuat satu contoh usaha desa yang dijadikan objek analisis, tentu saja berdasarkan fakta lapangan dari desa yang telah mereka kenali.

Setelah rancangan selesai, maka setiap kelompok melakukan pemaparan kepada tim penguji dan kelompok lain, untuk mendapat satu penilaian apakah rancangan unit usaha BUMDes yang mereka ajukan dengan teknik pemetaan bentang dan pemilihan jenis usaha dapat dan sesuai untuk dijalankan.

Suasana dalam sesi di hari kedua ini begitu cair dan mengalir, peserta begitu bersemangat. Pelaksanaan sesi di hari kedua adalah di Joglo Sekolah Bumdes, di mana suasana yang ada menjadikan peserta dapat tetap santai ketika mengerjakan desain unit usaha yang memerlukan pemikiran cukup serius. Hamparan sawah yang hijau sesekali menjadi pemandangan yang tepat untuk melempar pandang ketika membutuhkan ide, begitu juga semilir angin yang menambah nyaman suasana.

Sehingga pertanyaan tentang bagaimana merancang unit usaha BUMDes, dapat langsung dijawab dalam kelas Sekolah Bumdes dan secara langsung melakukan praktik, yang mana praktik ini pun didasarkan pada kondisi yang ada di lapangan yaitu di masing-masing desa asal peserta. Sehingga secara tidak langsung akan memiliki gambaran dan menjadi bekal selepas pelatihan dan kembali ke daerah asal.

Sebagai informasi, Sekolah Bumdes menerima kunjungan harian ke Sekolah Bumdes, Secara umum program Sekolah Bumdes: 1. Cek Kesehatan Usaha untuk menentukan tipologi bumdes. 2. Pelatihan beberapa tematik sesuai kebutuhan apakah Start Up atau Scale Up 3. Pendampingan kombinasi tatap muka dan Pendampingan Jarak Jauh Online. 4. Monitoring progres dan kinerja Bumdes degan SAAB. 5. Review Bumdes degan sistem Akreditasi Bumdes.

Sekolah Bumdes memiliki visi untuk menghadirkan Sekolah Bumdes di setiap kabupaten di Indonesia degan konsep Socio Franchise. Karenanya kami sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dalam rangka hadirnya Sekolah Bumdes di berbagai daerah, setidaknya satu kabupaten akan memiliki satu sekolah Bumdes, begitu visi kami dalam upaya melakukan percepatan kemandirian desa.

Mau tahu lebih lanjut cara pemetaan potensi usaha dan masalah menjadi usaha BUMDes? Ayo kunjungi Sekolah BUMDes, yang mana Sahabat BUMDes akan mendapatkan materi perihal usaha BUMDes dan juga Cek Kesehatan Usaha (CKU) BUMDes. Selain itu, Sahabat BUMDes juga bisa melakukan kunjungan ke BUMDes-BUMDes terbaik di Jogjakarta bersama Bumdes ID sehingga bisa mengadopsi berbagai ilmu dari BUMDes-BUMDes tersebut dan transfer ilmu serta mampu menerapkannya di BUMDes masing-masing. Informasi pendaftaran Sekolah BUMDes lebih lanjut silakan hubungi nomor 0857 72 900 800. ( Aryanto Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *