Manfaat Studi Lapangan di Sekolah BUMDes

Studi lapangan sekolah bumdes

Sekolah BUMDes adalah suatu konsep yang dirancang secara khusus untuk mendidik peserta pelatihan dalam membangun desa. Sekolah BUMDes merupakan program yang berupaya memberikan model pelatihan yang berbeda dan komprehensif.

Sekolah BUMDes menawarkan konsep pelatihan yang berbasis pada permasalahan yang terjadi di lapangan (desa). Dengan menggabungkan beberapa metode seperti ceramah, diskusi, Focus Group Discussion (FGD), praktik, kunjungan lapangan, serta penggunaan aplikasi Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes (SAAB).

Perlu diketahui, metode seperti ceramah, diskusi, praktik, dan FGD sudah menjadi sesuatu yang mainstream dalam setiap pelatihan – pelatihan. Berbeda dengan pelatihan pada umumnya, di Sekolah BUMDes menerapkan metode yang asyik seperti diadakannya studi lapangan atau kunjungan ke lapangan, di mana peserta akan diajak berkeliling ke BUMDes yang telah maju dan yang pasti telah mendapatkan omzet yang terbilang besar. Lalu apa manfaat peserta melakukan studi lapangan?

1. Menyediakan sumber yang dapat memperkaya informasi faktual

Terkadang hanya dengan mendengarkan pemateri dan membaca modul akan merasa jenuh dan tidak dapat meresapi secara utuh penjelasan. Studi lapangan ini memberikan solusi masalah ini, karena peserta dapat secara langsung terjun ke lapangan melihat atau mengamati objek pembelajaran.

2. Mengembangkan sikap ingin tahu peserta dan memperluas wawasan

Studi lapangan adalah program pembelajaran secara langsung ke lapangan, dengan melihat dan mengamati secara otomatis akan timbul perasaan ingin tahu dan keinginan peserta untuk lebih banyak bertanya. Dengan mendapatkan penjelasan secara langsung dari pelaku pengelola BUMDes, peserta akan lebih banyak tahu tentang objek pembelajarannya.

3. Menyediakan pengalaman melalui objek, tempat, situasi, dan hubungan antar manusia yang tidak dapat disediakan di ruangan.

Tidak semua peristiwa dan objek pembelajaran dapat dihadirkan dalam kelas. Oleh karena itu, studi lapangan dapat memecahkan masalah ini melalui penelitian langsung ke lapangan.

4. Memberikan motivasi berbagai hal mengenai memajukan BUM Desa

Dengan mendengarkan secara langsung histori atau pengalaman pengelola BUMDes tentang bagaimana cara – cara memecahkan masalah yang dihadapi hingga menjadikan BUMDes yang maju maka akan membuat peserta termotivasi untuk membangun desa melalui BUM Desa.

Jadi, belum lengkap rasanya belajar BUMDes kalau belum ke Sekolah BUMDes SMB Bumdes.id. Sekolah BUMDes SMB berada di Jalan Nogotirto Nomor 15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Jika anda sedang berada di Jogja, silakan untuk berkunjung ke Sekolah BUMDes SMB yang selalu terbuka untuk anda. (wanda/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *