Manfaat Laporan Arus Kas Dalam BUMDes

Peraturan Menteri Desa (Permendesa) Nomor 4 Tahun 2015 tentang pendirian, pengurusan, pengelolaan, dan pembubaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pada pasal 12 menyatakan, “pelaksana operasional memiliki wewenang untuk membuat laporan keuangan seluruh unit – unit usaha BUMDes setiap bulan”. Dalam laporan keuangan sendiri terdapat 5 komponen, yaitu Neraca, Laba Rugi, Perubahan Ekuitas, Arus Kas, dan CaLK.

Laporan Arus Kas adalah sebuah laporan yang menunjukkan perincian dari arus kas masuk (penerimaan) dan keluar (pengeluaran) dari BUMDes pada suatu periode tertentu. Di dalam laporan arus terdapat 3 klasifikasi, yaitu :

  1. Arus kas operasional adalah arus kas yang terkait dengan operasional BUMDes pada masa periode tertentu. Biasanya yang termasuk pada arus kas operasional adalah penerimaan kas dari konsumen atau pendapatan piutang, pembayaran utang, pembayaran biaya pegawai (gaji dan perlindungan), penerimaan bunga, pembayaran pajak dan pengeluaran lainnya yang terkait dengan aktivitas operasional.
  2. Arus kas pembiayaan adalah arus kas yang terkait dengan aktivitas pembiayaan BUMDes (pengurangan dan penambahan modal) pada masa periode tertentu. Beberapa contoh aktivitas pendanaan adalah pinjaman bank, penerbitan obligasi, penerbitan saham melalui IPO (Initial Public Offering), penerbitan saham baru melalui HMETD dan aktivitas lainnya.
  3. Arus kas investasi adalah arus kas masuk dan keluar yang terkait dengan aktivitas investasi BUMDes pada periode tertentu. Beberapa aktivitas yang tergabung dalam arus kas investasi adalah pembelian dan penjualan aset tetap, penyertaan saham, dan bentuk investasi lainnya.

Lalu apa manfaat laporan arus kas?

Tentunya, laporan keuangan terutama laporan arus kas memberikan manfaat tidak hanya bagi BUMDes, tetapi juga bagi banyak pihak seperti investor, kreditor, pengelola BUMDes serta pihak lainnya. Tidak hanya BUMDes barang, BUMDes jasa pun juga dapat menikmati manfaat dari adanya laporan arus kas. Berikut adalah manfaat dari laporan arus kas:

  • Memberikan informasi mengenai kemampuan entitas suatu BUMDes dalam menghasilkan arus kas di masa depan.
  • Dapat mengetahui besarnya kemampuan BUMDes dalam membayar dividen dan memenuhi kewajibannya (seperti membayar gaji karyawan).
  • Mengukur dengan jelas keberhasilan sebuah perusahaan. (surya/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *