BUMDes Panggunglestari, Produk Unggulan “Sekolah BUMDes”

BUMDES.ID – Desa Panggungharjo, dikenal sebagai desa yang kaya akan penghargaan dan prestasi. Yang masih hangat di telinga khalayak ramai, Desa Panggungharjo ini mendapatkan penghargaan sebagai desa yang memiliki tata kelola yang baik. Desa ini sudah dikenal pula sebagai desa budaya yang ditetapkan oleh Gubernur DIY melalui Surat Keputusan Nomor 262/KEP/2016 tentang Penetapan Desa/Kelurahan Budaya sehingga kerap menjadi tempat untuk mengadakan kegiatan-kegiatan kebudayaan. Tapi apakah kalian tahu, bagaimana cara Desa Panggungharjo mendapatkan buah manis pada masa jayanya saat ini?

Perlu diketahui sahabat Bumdes.id, dibalik prestasi yang telah dimiliki Desa Panggungharjo, banyak sekali pengorbanan yang telah dilakukan oleh SDM desa ini. Desa Panggungharjo berjuang melalui proses yang tidak mudah. Berawal dari pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yakni BUMDes Panggunglestari yang didirikan pada tahun 2013. Keberadaan BUMDes ini merupakan tonggak awal semakin berkembangnya Desa Panggungharjo khususnya di bidang kemandirian ekonomi desa.

Pada tahun 2019, BUMDes Panggunglestari sudah memperoleh keuntungan sebesar 53 miliar rupiah. Proses jatuh bangun hingga suksesnya BUMDes Panggunglestari merupakan bukti nyata dari adanya Sekolah BUMDes di Yogyakarta hingga mampu membuat BUMDes Panggunglestari menjadi BUMDes Percontohan di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.  Sekolah BUMDes merupakan wadah bagi BUMDes-BUMDes yang ada di seluruh Indonesia untuk memperkuat pondasi dan menciptakan desa yang mandiri secara ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan warga desanya.

Lantas, apa saja yang dapat dipelajari di Sekolah BUMDes sehingga mampu mencetak BUMDes-BUMDes berprestasi di berbagai pelosok Indonesia? Berikut ini konten yang akan diajarkan di Sekolah BUMDes :

1. Cek Kesehatan Usaha

Di Sekolah BUMDes, anda berkesempatan untuk menilai apakah usaha yang telah anda jalankan memenuhi kriteria kelayakan untuk disebut sebagai usaha yang layak dijalankan atau tidak. Ada bermacam instrumen yang nantinya dapat digunakan dalam  menilai kesehatan usaha yang anda jalankan.

2. Pemetaan Bentang

BUMDes anda belum memiliki usaha? Tenang saja, kami memiliki konten Pemetaan Bentang yang bertujuan untuk menggali potensi dari lingkungan sekitar dan sosial-budaya lingkungan tersebut untuk mendapatkan usaha apa yang tepat untuk dijalankan oleh BUMDes. Ada berbagai macam instrumen yang bisa digunakan dalam pemetaan bentang dan penggalian potensi usaha di wilayah bersangkutan.

3. Software SAAB

Sudah memiliki usaha yang tepat namun belum memiliki pengelolaan keuangan yang profesional? Kami juga memiliki jawabannya. SAAB adalah Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes yang merupakan alat bantu bagi BUMDes untuk membuat laporan keuangan dari usahanya sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara profesional. Dalam software ini telah disediakan perencanaan dan penyusunan anggaran, penatausahaan keuangan, dan laporan keuangan yang dapat disajikan kepada pihak ketiga dan masyarakat luas sebagai bentuk transparansi BUMDes.

Gambar tampilan software SAAB

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Sekolah BUMDes juga memiliki Laboratorium Praktik BUMDes yang nyata dan sudah menghasilkan omset hingga miliaran rupiah dengan andil pembinaan dari Bumdes.id melalui Sekolah BUMDes. Laboratorium Praktik tersebut disebut juga sebagai BUMDes Percontohan, yang mana BUMDes tersebut adalah BUMDes Panggunglestari yang terletak di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul. Jadi, mari sulap desa kalian menjadi desa yang memiliki kemandirian ekonomi yang ditopang oleh BUMDes melalui Sekolah BUMDes. (santyo/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *