BUMDes di Langkat Terapkan Sistem Akuntansi BUMDes

Salah satu cerita unik datang dari sebuah desa di Kecamatan Pangkalan Susu, Desa Tanjung Pasir. Sebuah desa dengan landscape alam yang indah ini memiliki warga yang berinisiatif dan secara kompak mendirikan BUMDes untuk mendukung kesejahteraan warga di desa ini.

2 (dua) tahun berdiri dengan 4 unit usahanya, BUMDes di sini merasa masih kurang maksimal menjalankan usaha. Setelah diselidiki, hambatan yang datang berangkat dari kurangnya pemahaman dalam mengelola dana yang dimiliki. Diawal, BUMDes ini menggunakan dana dari penyertaan desa, dan modal awal tersebut digunakan untuk menjalankan unit usaha BUMDes. Namun seiring berjalannya waktu, melalui unit usaha simpan pinjam mereka menggunakan dana penyertaan desa tersebut untuk modal usaha simpan pinjam. Pemisahan pencatatan sebagai pertanggungjawaban penggunaan dana dari desa dan pencatatan unit usaha simpan pinjam sulit dilakukan karena kurangnya pemahaman warga akan hal tersebut.

Melalui program pendampingan dari BUMDes.id, BUMDes Langkat mulai dilatih untuk membuka mindset pengelolaan keuangan dan pencatatan akuntansi. Pelatihan dilaksanakan di desa tersebut untuk memudahkan mobilisasi peserta agar bisa fokus untuk memahami materi yang diberikan. Dilanjutkan dengan  pencatatan keuangan menggunakan bantuan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes (SAAB), peserta diberikan pemahaman mengenai pengelolaan keuangan dengan bantuan aplikasi.

Melalui aplikasi SAAB, BUMDes diajarkan untuk menertibkan pencatatannya, mulai dari penyusunan Anggaran Keuangan Tahunan sebelum menjalankan kegiatan usaha setiap periodenya. BUMDes mulai menyusun anggaran definitif untuk dibawa dan disahkan di Musyawarah Desa (Musdes). Selanjutnya anggaran dicatat dalam SAAB sebagai dasar dari pencairan dana belanja selama satu periode. Anggaran merupakan item utama dalam pengelolaan keuangan BUMDes karena menjadi kontrak kerja BUMDes dengan Desa dan Masyarakat tentang pengelolaan usaha BUMDes.

Selanjutnya, pencatatan Penatausahaan Keuangan berupa realisasi penerimaan dan pengeluaran sebagai mekanisme mencatat penerimaan dan pengeluaran BUMDes, dan diakhiri dengan penjelasan pelaporan keuangan BUMDes. Semua langkah pengelolaan keuangan sudah terdapat dalam menu-menu di SAAB sehingga BUMDes sangat senang karena permasalahan mereka dalam mengelola usaha BUMDes dapat terpecahkan  menggunakan tools dari Bumdes.id berupa Aplikasi SAAB. (susiloaji/bumdes.id)

Info tentang aplikasi SAAB, hubungi 0857 – 7290 – 0800 (Ayu/Bumdes.id)

Dapatkan penawaran menarik dari kami. #BumdesSukses
#DesaSejahtera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *