16 BUMDes di Cilacap Siap Menyusun Laporan Keuangan dengan SAAB

BUMDes di Cilacap Siap Menyusun Laporan Keuangan dengan SAAB

Sebanyak 40 peserta mengikuti Pelatihan Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui BUMDes dan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes (SAAB) pada Selasa, 18 Juni 2019. Pelatihan ini diselenggarakan di Kantor Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Terpilihnya Desa Kalikudi sebagai tuan rumah pelatihan ini sungguh beralasan, karena jaringan internet di sana mudah dijangkau, sehingga peserta pelatihan bisa mendapatkan pemahaman tentang penyusunan laporan keuangan menggunakan aplikasi SAAB dengan lancar tanpa hambatan sinyal internet.

Peserta tampak santai dan serius dalam mengikuti rangkaian penyampaian materi dari tim Bumdes.id. Hal ini tentu akan membantu memudahkan mereka dalam mengelola BUMDes. Pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan pedoman dalam pengelolaan keuangan BUMDes yang ada di Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Terkait pelatihan ini, perlu diketahui, aplikasi SAAB sendiri merupakan sistem aplikasi berbasis Cloud yang berfungsi untuk menyusun laporan keuangan. Penggunaan mekanisme Cloud ini diharapkan dapat memudahkan pengawasan dan praktik karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Inilah salah satu keunggulan dari penggunaan SAAB.

Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes membuka mindset warga desa, khususnya pengurus BUMDes bahwa menyusun laporan keuangan bisa dilakukan siapa saja, bahkan warga desa yang tidak cukup memiliki pemahaman tentang akuntansi. BUMDes pada dasarnya dilandasi semangat kemauan yang tinggi dalam memilih pengurusnya, sehingga sebisa mungkin kita harus bisa membantu BUMDes dalam memenuhi tanggungjawab administrasinya yang harus dipenuhi oleh para pengurus BUMDes. Bumdes.id telah hadir memberikan solusi diantaranya dalam penyusunan laporan keuangan.

Bumdes.id tidak hanya hadir dengan SAAB-nya. Lembaga yang fokus dalam mendampingi BUMDes ini juga menyelenggarakn berbagai pelatihan dan pendampingan BUMDes. Mulai dari pendirian, pemilihan usaha, penguatan usaha hingga pengembangan usaha BUMDes. SAAB dengan mekanisme yang mudah, spesifikasi yang lengkap, dan aksesibilitas yang simple diharapkan dapat diterima dan diterapkan di berbagai BUMDes di seluruh Indonesia.

Pelatihan ini dihadiri oleh 16 desa yang mana tiap desanya diwakili oleh 2 orang pengurus BUMDes, perwakilan pengurus BUMADes, perangkat Desa Kalikudi, dan perwakilan Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui sekretariat daerah. Diharapkan tahun ini BUMDes di Kecamatan Adipala ini dapat mulai menyusun laporan keuangannya dan tentunya dapat berkembang menjadi BUMDes Juara dan BUMDes percontohan di Kabupaten Cilacap. (aji/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *