Perlukah BUMDes Membuat Rencana Bisnis dan Anggaran?

Sahabat Bumdes.id, ketika membahas perihal Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA), pasti kalian akan bertanya-tanya, kira-kira apa manfaat BUMDes menyusun RBA? Tidak sedikit BUMDes yang mengalami kegagalan hanya karena persoalan perencanaan keuangan dan pembiayaan yang kurang tepat. Oleh karena itu, memiliki rencana bisnis dan anggaran yang komprehensif adalah suatu keharusan bagi setiap BUMDes.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jika anda merencanakan keuangan bisnis dengan baik dan benar.

1. Tolok Ukur Keberhasilan BUMDes

Rencana bisnis dan anggaran tentunya didahului dengan aktivitas analisis dan evaluasi yang menghasilkan penilaian sehingga menjadi tolok ukur dari kemajuan bisnis secara nyata dan berdasarkan fakta yang ada. Hal ini dapat terlihat secara jelas dari poin-poin mengenai apa saja yang menjadi isi perencanaan keuangannya yang telah dibuat. Dengan demikian, pengurus BUMDes akan mengetahui dan memahami sejauh mana perkembangan dan kemajuan BUMDes-nya. Apabila belum mengalami kemajuan, maka dari perencanaan ini BUMDes perlu menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil guna kemajuan bisnisnya.

2. Alokasi Pembiayaan dan Belanja

Manfaat yang berikutnya dari rencana bisnis dan anggaran adalah dapat mengalokasikan pembiayaan BUMDes secara maksimal. Dengan membuat daftar perencanaan pembiayaan atau belanja, maka keuangan BUMDes dapat dialokasikan dengan baik untuk pembiayaan dan modal belanja segala kepentingan BUMDes dalam operasional dan investasi. Rencana bisnis dan anggaran akan mengontrol setiap pos-pos anggaran yang tidak terlalu penting atau sifatnya dapat ditunda. Sehingga kestabilan keuangan BUMDes dapat tetap terjaga.

3. Meningkatkan Produktivitas

Rencana bisnis dan anggaran dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan produktivitas. Caranya adalah dengan merencanakan pembiayaan untuk hal-hal yang produktif. Dengan adanya kemajuan produkivitas BUMDes maka pada waktu yang akan datang, perencanaan ini dapat memajukan BUMDes ke posisi yang lebih unggul dan maju dari sebelumnya. Secara tidak langsung, rencana bisnis dan anggaran BUMDes dapat membangun masa depan bisnis yang lebih baik.

Itulah ketiga manfaat dari rencana bisnis dan anggaran yang tentunya harus dibuat oleh setiap BUMDes. Rencana bisnis dan anggaran yang dibuat tresebut harus meliputi seluruh kegiatan BUMDes yang berlaku dalam jangka waktu tertentu untuk masa yang akan datang. (Wanda/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *