Pentingnya Analisis Pasar Dalam Mendirikan BUMDes

Hello Sahabat Bumdes.id, kali ini kami hadir untuk menyajikan materi terkait analisis pasar yang harus dilakukan oleh BUMDes sebelum menentukan unit usaha yang akan dijalankan oleh BUMDes. Ingin tahu bagaimana step by step dari analisis pasar ini? Berikut pemaparan dari kami!

Perlu Sahabat Bumdes.id ketahui, untuk bisa menjadi BUM Desa yang baik, syarat utama yang harus dimiliki oleh tiap BUMDes ialah harus bisa melakukan analisis pasar yang baik dan tepat. Jika BUM Desa sudah mampu menganalisis pasar dengan baik dan tepat, maka BUMDes akan lebih bisa memahami keadaan pasar yang sesungguhnya sehingga strategi yang dilakukan untuk memasarkan produk yang akan dijual nantinya dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian, keuntungan bisnis yang ada di BUM Desa dipastikan dapat meningkat dan memberikan dampak positif untuk ke depannya.

Selanjutnya, terdapat beberapa langkah yang harus BUM Desa lakukan sebelum melakukan analisis pasar, antara lain:

1. Menentukan pasar yang relevan

Dalam melakukan analisa pasar, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami pasar terlebih dahulu. Umumnya terdapat banyak jenis produk yang diminati oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Contohnya saja dalam bidang jasa. Jika desa mengalami kesusahan memperoleh air bersih, maka BUM Desa hadir dengan membuat jenis usaha pengelolaan air bersih, sehingga kebutuhan warga akan air bersih dapat terpenuhi.

2. Menetapkan segmen pasar

Ketika sudah menentukan pasar, maka langkah selanjutnya adalah mengelompokkan konsumen kepada segmen-segmen yang sesuai agar produk yang dijual nantinya tidak salah sasaran.

3. Menganalisis pesaing

Menganalisis produk pesaing perlu dilakukan, guna membandingkan produk pesaing dengan produk yang dijual BUM Desa sehingga dapat mengantisipasi tidak kalah bersaing di pasaran.

4. Identifikasi target potensial

Jika semuanya sudah anda lakukan, langkah terakhir adalah melakukan identifikasi konsumen yang potensial guna menciptakan konsumen yang puas dan loyal dengan produk yang anda (BUMDes) miliki.

Selain itu, adapula manfaat analisa pasar bagi BUM Desa sebagai berikut:

1. Mendapatkan konsumen

Ketika BUM Desa mampu menganalisa pasar yang sesuai, maka BUM Desa akan mudah menjual produk pada konsumen.

2. Melihat pesaing

Ketika BUM Desa berhasil menganalisa produk pesaing, maka BUM Desa akan mampu mengetahui kelemahan dari produk pesaing. Keuntungannya adalah BUM Desa bisa mengunggulkan produknya dari kelemahan produk pesaingnya yang akan dijual pada konsumen.

3. Memanfaatkan peluang

Dengan melakukan analisa pasar, anda (BUMDes) bisa mengetahui peluang apa saja yang masih minim persaingannya dan prospek ke depannya pun baik.

4. Mengurangi resiko

Analisa pasar bisa mengurangi risiko yang terjadi mulai dari kegagalan produk hingga risiko gagal bisnis. Dengan melakukan analisa pasar ini tentunya dapat membuat risiko tersebut berkurang, bahkan bisa di hindari.

5. Rencana jangka panjang

Melakukan analisis pasar BUM Desa akan mengetahui langkah-langkah jangka panjang ke depan untuk menjalankan bisnis. Dengan memiliki rencana bisnis yang baik, BUM Desa tidak akan kebingungan dalam menentukan langkah untuk bisa meraih kesuksesan.

6. Menjadi tren bisnis

Analisa pasar yang dilakukan juga memberikan manfaat bagi bisnis, terutama memunculkan ide-ide baru yang bisa menjadikan bisnis BUM Desa sebagai trend setter pebisnis lainnya.

7. Mendapatkan keuntungan

Manfaat yang terakhir dalam proses analisa pasar adalah mendapatkan keuntungan yang lebih cepat dibandingkan tanpa melakukan proses analisa pasar.

Demikian langkah-langkah dalam melakukan analisa pasar unit usaha BUMDes. Semoga bermanfaat Sahabat Bumdes.id! (wanda/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *