BUMDes Maju Mandiri Sejahtera Socorejo Mampu Kurangi Pengangguran di Wilayahnya

Setiap desa di Kabupaten Tuban telah didorong untuk memiliki BUMDes. Badan usaha tersebut nantinya akan menjadi ujung tombak bisnis desa yang menguntungkan dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Di Kecamatan Jenu ada sebuah desa di ring 1 area industri tambang semen BUMN yang memiliki BUMDes yang sudah berkembang cukup pesat. Desa ini bernama Socorejo, desa yang dipimpin oleh Kades muda bernama Arif Rahman Hakim.

“Salah satu upaya konkrit Pemdes Socorejo dalam program pemberdayaan BUMDes yang sekaligus pemberdayaan pemuda dalam rangka mengurangi pengangguran usia produktif,” ucap Kades Arief kepada blokTuban.com, Rabu (8/5/2019).

Pemdes Socorejo telah bekerjasama dengan PT Semen Indonesia dalam rangka perawatan rambu-rambu laut, dimana secara teknis dikerjakan oleh BUMDes dengan tenaga ahli asli pemuda Socorejo.

Hal ini tentu masih sangat jauh panggang dari api. Kendati demikian, upaya kecil ini diharapkan dapat menjadi pemantik bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui program bersama desa dengan perusahaan sekitar.

Saat ini, terdapat empat orang pemuda yang diberdayakan. Target kedepan, dengan program pemberdayaan pemuda ini bisa melibatkan 10 kelompok, dimana per kelompok terdiri dari 5 sampai 10 orang.

“Adapun yang kita berdayakan sesuai dengan potensi masing-masing,” terang Kang Arief sapaan akrabnya.

Sebagai catatan, core bussiness BUMDes Maju Mandiri Sejahtera Socorejo bergerak di bidang jasa pelayanan dan konstruksi. Badan usaha ini juga menjalin kerja sama dengan PT SG. Salah satu yang sudah berjalan adalah, BUMDes Socorejo menjadi vendor untuk supply air bersih ke kapal dan penghijauan area pelabuhan.

Selain jasa pelayanan dan konstruksi, BUMDes juga menjadi agen resmi BNI 46. Tugasnya menyalurkan bantuan PKH dan program BPNT kepada masyarakat. [ali/rom]

Sumber:
https://kumparan.com/bloktuban/bumdes-ini-mampu-kurangi-pengangguran-di-wilayahnya-1r2R1o7KP1b

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *