Training of Trainers (TOT) Pendampingan BUMDes: Kiat Peserta untuk Transfer Ilmu ke Desa

ToT Pendampingan BUMDes yang diadakan oleh Bumdes.id sudah memasuki angkatan yang ke-16. Bumdes.id sejak lama rutin mengadakan ToT Pendampingan BUMDes setiap satu bulan sekali. Kegiatan ToT ini diselenggarakan di Kantor Syncore dan Desa Panggungharjo selama tiga hari berturu-turut dengan berbagai sajian materi yang menarik terkait BUM Desa.

ToT Pendampingan BUMDes ini menyuguhkan berbagai materi terkait BUM Desa dengan narasumber yang berpengalaman di bidangnya, khususnya BUM Desa.  Secara umum materi yang dibagikan kepada peserta meliputi tata kelola desa dan BUMDes, filosofi BUMDes dan kelembagaan BUMDes, sharing praktik BUMDes terbaik di Indonesia, pemetaan potensi dan pemilihan usaha, studi kelayakan unit usaha dan business plan, presentasi rencana usaha BUMDes, pencatatan dan pelaporan keuangan menggunakan software SAAB 2.0, dan studi lapangan ke BUMDes terbaik yakni BUMDes Panggung Lestari di Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Bumdes.id selama ini bekerja sama dengan BUMDes Tirta Mandiri Ponggok dan BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo dalam penyelenggaraan ToT. Perwakilan dari kedua Desa dan BUMDes tersebut, baik Ponggok maupun Panggungharjo dipilih menjadi narasumber pada sesi ToT Pendampingan BUMDes. ToT Pendampingan BUMDes diharapkan mampu memberikan pencerahan kepada pelaku-pelaku maupun pengelola BUMDes untuk mengelola BUMDes dengan baik sehingga BUMDes dapat menjadi faktor penumbuh-kembang perekonomian di desa.

Kebermanfaatan ToT yang diselenggarakan pada tanggal 27 sampai 29 Maret ini dirasakan oleh salah satu peserta, yaitu Teguh dari PMD Lhokseumawe, “Kegiatan ini sangat bermanfaat, menambah keluarga baru, pokoknya sukses untuk semua peserta dan sukses buat Bumdes.id.” Sudah tentu ToT ini menjadi ajang bagi para akademisi, pemerintah daerah, perangkat desa, pengelola BUMDes maupun pemuda untuk saling bersinergi dan bertukar pendapat terkait memajukan desa dan mengelola BUMDes, sehingga tercipta transfer ilmu yang dapat diterapkan di masing-masing desa peserta. Bumdes.id selaku penyelenggara berharap, peserta ToT Pendampingan BUMDes mampu membagikan pengalamannya selama mengikuti ToT kepada masyarakat desa khususnya para pelaku BUMDes agar dapat mengembangkan potensi desa dengan baik. (Ayuresti/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *