Bumdes.id Gelar Rentetan Acara Akbar untuk Desa se-Indonesia

Bumdes.id sedang punya perhelatan akbar. Lembaga yang berkantor di Jl. Solo Km 9,7, Yogyakarta ini dan malang-melintang pada berbagai program pengembangan ekonomi desa khususnya melalui BUMDes ini bakal menggelar serentetan acara yang semuanya dipersembahkan bagi kemajuan seluruh Desa di Indonesia.

Bertajuk ‘Festival Desa 2019: Menguatkan Kemandirian, Konektivitas dan Akuntabilitas Desa’, inilah deretan acara yang bakal digeber Bumdes.id:

  1. Workshop Menuju Sertifikasi Keuangan Desa dan BUMDes pada 23 Maret 2019
    Ini adalah pelatihan mengenai manajemen keuangan desa dan BUMDes. Peserta bakal mempelajari berbagai kebutuhan yang diperlukan desa dan BUMDes dalam mengelola keuangannya dengan cara profesional, dengan standar yang jelas dan memiliki tingkat akuntabilitas tinggi.
    Hingga saat persoalan Keuangan Desa dan BUMDes masih menjadi salahsatu masalah paling besar bagi desa maupun pengelola BUMDes karena minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki desa. Sertifikasi akan memberikan kecakapan yang akan menjadi jawaban bagi kebutuhan desa dan BUMDes ini.
    Workshop ini bakal digelar di Ruang Seminar Lantai 4 Gedung Paska Sarjana Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kampus ini memang sangat mendukung upaya penguatan ekonomi desa. Para pembicaranya tidak tanggung-tanggung, para akademisi Ilmu Ekonomi yakni Prof. Indra Bastian, Ph.D, MBS.,Ak, CA, CMA, Guru Besar UGM.
    Pembicara lainnya adalah Rudy Suryanto, SE., M.Acc., Ak, Dosen UMY, Master BUMDes Indonesia dan pendiri Bumdes.id, Moh. Mahsun, SE., M.Si., Ak., CA., CPA dan satu lagi Dr. Harjanti Widiastuti, M.Si, Ak, Dosen UMY dan peneliti serta pegiat BUMDes.


  2. Penyusunan Tata Kelola Keuangan Desa, 25-26 Maret 2019
    Akan digelar di Komplek Gedung Syncore di Jalan Solo Km 9,7 Yogyakarta, Pelatihan ini akan memberikan kemampuan pada peserta untuk isa menyusun RKP dan Penentuan Pagu APBDes dengan menggunakan Software khusus. Software ini telah dirancang khusus untuk menjadi solusi bagi pemerintahan desa dan para pegiat program kegiatan di desa untuk bisa menyusun manajemen keuangannya. Sehingga, dengan mudah pemerintah desa akan melakukan penghitungan pada tahun akhir anggaran.
    Peserta juga akan melakukan praktik Penyusunan Anggaran Kegiatan dan Penyusunan Dokumen APBDes (RKA dan DPA) dengan menggunakan software yang telah disiapkan. MAteri ketiga adalah Penyusunan Dokumen APBDes (RKA dan DPA) dengan menggunakan software. Pelatihan Penyusunan Tata Kelola Keuangan Desa ini bukan hanya akan mempermudah penyusunan perencanaan pengganggaran saja melainkan juga akan mempermudah sistem pengawasan dan pelaporan dana yang digunakan desa pada seluruh program yang dijalankannya. Sehingga, tidak perlu lagi ada kekawatiran mengenai sistem penggunaan dana dan pelaporannya.
  3. Training of Trainers ‘Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), 27-29 Maret 2019
    RPJMDes adalah rencana pembangunan enam tahun yang akan memandu setiap pemerintahan desa melaksanakan seluruh program kerjanya. RPJMDes masih menjadi agenda yang ‘merepotkan bagi sebagian desa karena proses penyusunan yang memang butuh analisa mendalam serta penjabaran detail yang terstruktur.
    Detail yang kuat akan menciptakan kemudahan bagi pemerintah desa untuk menjalankan program yang telah disusunnya di dalam RPJMDes. Pelatihan ini akan membedah Ketentuan Peraturan dan Prinsip Penyusunan RPJMDes, Sistematika dan Proses Penyusunan RPJMDes sesuai 4 Bidang Kewenangan Desa ,Penyelaras dengan Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten, Penyusunan Daftar Masalah dan Potensi, Teknis Peningkatan Usulan Kegiatan Perencanaan Pembangunan Desa dan Penyusunan Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa ((DU-RKP-Desa).
    Digelar dalam dua hari, para peserta pelatihan akan mengikuti pemaparan materi dengan dua bagian yakni di dalam ruangan dan melakukanstudi lapangan ke Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul. Panggungharjo adalah salahsatu desa di Yogyakarta yang menjadi percontohan dalam tata kelola pemerintahan.

  4. Pelatihan BUMDes Angkatan 16, digelar pada 27 – 29 Maret 2019. Digelar di salahsatu Meeting Room di Gedung Syncore, pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan kemampuan peserta agar bisa menjadi trainer di area tempat tinggalnya masing-masing.
    Materi Pelatihan ini memang dirancang untuk melahirkan para trainer yang kemudian akan menjadi trainer untuk memberikan pemahaman mengenai BUMDes di berbagai penjuru nusantara.
    Materi Pelatihan ini meliputi pemahaman mengenai BUMDes mulai dari filosofi hingga praktika yang harus dilakukan untuk menciptakan BUMDes yang mampu menjawab harapan warga sekaligus sesuai UU Desa.
    Para peserta bakal bertemu nara sumber berkualitas tinggi yakni Rudy Suryanto, SE., M.Acc., Ak yang telah dikenal sebagai Master Trainer BUMDes sekaligus salahsatu pendiri Bumdes.id. Peserta juga akan mendengarkan langsung proses membangun BUMDes yang galang gemilang telah dicapai oleh Desa Panggungharjo, Desa penyabet gelar Terbaik Nasional 2014. Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi bakal memapar langkah yang membawa desanya menjadi jawara baik dalam konteks desa maupun BUMDes.
    Pembicara lainnya adalah Yanni Setyadiningrat, Pengelola BUMDes Ponggok, Polanharjo, Klaten yang sukses membawa Ponggok menjadi BUMDes berpenghasilan di atas Rp. 10 Miliar per tahun.

  5. Musyawarah Nasional Asosiasi Akademisi BUMDes (AADB), 30 Maret 2019 di FEB UGM
    Ini adalah terobosan besar bagi gerakan pemberdayaan desa melalui BUMDes. Ratusan Akademisi dari berbagai universitas dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia telah sepakat membangun sebuah Asosiasi yang akan fokus mendorong kemajuan ekonomi desa melalui BUMDes.
    Asosiasi ini selanjutnya akan mengarus-utamakan ekonomi Desa sebagai salahsatu kajian ilmiah, menggelar berbagai diskusi menjadikan desa sebagai ladang pengabdian mereka. Digelar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Musyawarah Nasional ini diharapkan akan menjadi salahsatu tonggak baru bagi pergerakan desa membangun kesejahteraannya melalui BUMDes.

    Itulah berderet agenda yang bakal digelar Bumdes.id yang seluruhnya fokus pada pengembangan potensi lokal desa untuk disulap menjadi kekuatan ekonomi desa. Ini adalah even yang digelar Bumdes.id kesekian kalinya. Secara nasional Dana Desa sudah terbukti mampu menciptakan perubahan ekonomi dan sosial di pedesaan seluruh Indonesia. Dana Desa berhasil menjadi stimulus membangun prakarsa sosial warga untuk membangun desanya melalui potensi yang mereka miliki. Jadi, tunggu apalagi, daftarkan diri sekarang. Soalnya, para peserta acara ini dibatasi sehingga Anda harus memesan tempat secepatnya. Mau mendaftar, hubungi 087738900800 (Diana). Agar Anda kebagian kursi, segeralah memesannya. (adji/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *