Tim BUMDES.id Hadir di Long Lanuk Berau Kaltim untuk membantu Pemetaan Potensi Pasar Desa

Tim BUMDES.id hadir di berbagai daerah untuk menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan BUMDES di seluruh Indonesia. Kali ini Tim BUMDES.id hadir di Desa Longlanuk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Desa ini meskipun tempatnya di pedalaman tetapi memiliki banyak potensi. 

WhatsApp Image 2019-01-31 at 5.02.14 AM

TIm Bumdes.id melakukan Pemetaan 7 BENTANG untuk memahami kondisi Bentang Alam dan Bentang Kehidupan di Desa Long Lanuk. Tiga alat pengumpulan data diterapkan, yaitu Observasi Lapangan, Wawancara, dan Diskusi Terarah. Pada setiap tahapan tersebut kami selalu mengutamakan partisipasi dari warga, karena warga tentu lebih tahu dan paham.

Bumdes.ID memiliki kertas-kertas kerja yang telah dirancang agar Pemetaan Potensi tersebut berlangsung secara Sistematis-Dinamis-Menyenangkan. Setiap desa memiliki keunikan sendiri, yang perlu digali dan dipertimbangkan. 

WhatsApp Image 2019-02-05 at 12.22.29 PM

Selanjutnya dilakukan Presentasi dan Dinamika Kelompok untuk mengerucutkan potensi-potensi yang ada untuk di pilih menjadi satu unit usaha yang akan dijalankan BUMDES. Mengapa hanya satu? Karena berdasarkan penelitian kami terhadap Bumdes-Bumdes yang sukses, semua mengawali dengan satu unit usaha, dan setelah kuat dan berkembang baru melakukan penambahan unit usaha. Proses itu seringkali paling cepat baru bisa diselesaikan selama 3 tahun. Temuan ini jarang di ketahui oleh pengelola-pengelola Bumdes pemula. Untuk temuan yang lebih lengkap bisa dibaca di Buku Peta Jalan Bumdes Sukses (Suryanto, 2019). 

WhatsApp Image 2019-02-05 at 12.22.27 PM

Setelah melakukan serangkaian Observasi, Wawancara dan Diskusi Terarah disepakai usaha yang akan dijalankan oleh Badan Usaha Milik Kampung Long Lanuk Berau Kaltim adalah Pasar Desa. Mengapa Pasar Desa? Karena letak Desa Long Lanuk di pedalaman dan jauh dari pasar-pasar tradisional maupun modern. Mereka memiliki lokasi strategis karena dekat dengan Lokasi Tambang Berau Coal. Penduduk juga telah merintis berbagai usaha dan menghasilkan beberapa produk, namun pemasaran jadi kendala. Lewat proses partisipatif dan dinamika kelompok , Pemerintah Desa-Pengelola Bumdes-Tokoh Masyarakat-Ibu-Ibu PKK dan Tokoh Pemuda akhirnya memiliki kesepatan dan kesatuan tekad untuk menjalankan usaha Pasar Desa ini. 

Langkah berikutnya adalah menyusun Rencana Usaha BUMDES Unit Pasar Desa dan melakukan studi kelayakan. Proses ini dijalankan dua arah. Data-data yang dikumpulkan dikirim ke konsultan SYNCORE di Jogjakarta untuk diolah dan dianalisi untuk menjadi sebuah Rencana Usaha. Setelah draft tersebut jadi di kirim dan di diskusikan ke Perangkat Desa-Pengelola Bumdes-Pendamping Desa, untuk dilengkapi dan disempurnakan. Setelah proses komunikasi dan pendampingan intensif, akhirnya setelah 10 hari berada di Lapangan, Rencana Usaha yang memuat :

  1. RAB untuk Pembangunan Pasar Desa
  2. Program Kerja 3 Tahun 
  3. Rancangan Rencana Kegiatan dan Anggaran Bumdes 
  4. Perhitungan BEP 
  5. Perhitungan Tarif dan Satuan-Satuan Biaya 

dapat diselesaikan dengan baik. Semoga Pengelola BUMDES LONG LANUK diberi kekuatan tekad dan kemudahan untuk melaksanakan rencana-rencana tersebut, sehingga pasar desa dapat berjalan dengan baik dan membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Untuk update Informasi dan Tanya Jawab BUMDES, segera download dan Install Aplikasi Android BUMDES.ID Gerbang Informasi dan Jejaring Bumdes Terbesar di Indonesia :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.eightvillages.bumdes.android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *