Pingin Jadi Wirausahawan Sukses, Ini Tiga Karakter yang Harus Anda Miliki

Mengikuti pelatihan kewirausahaan adalah salahsatu cara menjadi wirausahawan Tetapi pelatihan saja tanpa dibarengi visi yang kuat mengenai wirausaha bakal kurang afdol. Soalnya, dnia wirausaha butuh seseorang dengan karakter yang kuat.

Karakter ini akan membentuk pola pikir yang bisa mendorong sebuah usaha bakal cepat berkembang jika dijalankan dengan serius. Bagaimana jika karakter Anda tidak termasuk karakter yang mendukung kewirausahaan yang sedang Anda bangun? Jangan kawatir, Anda bisa merubahnya. Caranya?

Berikut ini hasil riset Bumdes.id dari berbagai program pendampingan yang telah dilakukan pad aberbagai kalangan pengusaha terutama pelaku UMKM. Beberapa karakter yang harus Anda miliki untuk bisa sukses menjadi pengusaha dan sesungguhnya tidak sulit untuk menjalankannya.

  • Positif Thinking

Seorang pengusaha selalu melihat masa depan sebagai bentang potensi penuh pengharapan. Anda harus yakin esok pagi akan lebih baik dari hari ini, harus lebih baik dari hari ini. Jangan gampang percaya isu negative yang mengatakan tahun depan bakal ada situasi buruk bahkan Indonesia bakal bubar.

Percayalah akan selalu mucul kebutuhan baru pada kehidupan setiap orang. Kebutuhan inilah peluang yang harus Anda incar, Anda kejar dan Anda jadikan salahsatu sumber ide bisnis. Sebab faktanya, setia[ berganti tahun, telah bermunculan nama-nama baru pebisnis sukses di Indonesia, juga di dunia. Bahkan sebagian besar nama baru itu adalah anak-anak muda.

  • Percaya Usaha Sendiri

Sesungguhnya berhasil atau tidaknya sebuah usaha sangat ditentukan oleh kapabilitas dan kapasitas diri kita sendiri. Kapabilitas adalah tingkat kemampuan diri kita untuk menghadapi situasi lingkungan yang terus berubah setiap saat. Sedangkan kapasitas adalah masalah volume yang kita hasilkan.

Seorang yang percaya diri tidak akan membiatkan tangannya di bawah, tidak akan mau menunggu kesempatan datang atau menunggu orang lain datang untuk membantu. Melainkan akan menciptakan kesempatan, lebih suka tangan di atas dan tidak perlu bantuan orang lain untuk memulai sesuatu.

  • Berani Mengambil Resiko

Setiap langkah pasti mengandung resiko, bahkan hal yang paling kecil sekalipun. Nah, seorang yang memiliki semangat yang kuat membangun usaha dan menjadi wirausahawan sukses tidak pernah takut dengan segala resiko.

Bukan berarti mereka tidak mengkalkulasi resiko melainkan karena bagi mereka, menghadapi resiko adalah bagian dari keinginan mereka untuk maju. Makanya mereka tidak takut dengan resiko.

Mereka yakin dan percaya, keberanian memulai sesuatu, keberanian melangkah pada sesuatu yang diyakini akan menjadi sebuah awal dari keberhasilan besar di masa depan. Orang-orang seperti inilah yang kini namanya berderet-deret dalam daftar teratas orang-orang paling kaya dan berhasil dalam usaha mereka.

Tidak ada yang bisa menjamin sebuah bisnis akan sukses, karena sebagian besar tingkat kemungkinan berhasil itu ditentukan oleh diri Anda sendiri. Dan Anda tidak akan pernah tahu sebuah usaha akan sukses atau gagal kalau Anda belum mencobanya. Orang-orang ini bukan orang nekat, melainkan seorang yang memiliki keberanian untuk berjuang memperbaiki standar kehidupan mereka. Orang-orang ini pula yang selalu penuh semangat dalam forum-forum pelatihan kewirausahaan. Soalnya mereka sangat sadar, pelatihan kewirausahaan adalah salahsatu ara bagi mereka untuk meningkatkan kualitas diri dan belajar hal-hal baru. Jadi, mereka menjadi berani mengambil resiko karena mereka juga telah menyiapkan kemampuan diri mereka. Apakah Anda termasuk dalam golongan pengusaha seperti ini?(aryadji/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *