Pelatihan BUMDes Kembali di Gelar Bumdes.id Akhir Februari 2019

Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bakal kembali digelar Bumdes.id. Bumdes.id, lembaga di bawah Syncore Indonesia menggandeng Sekolah Manajemen BUMDes, sedang membuka pintu lebar bagi desa-desa yang ingin menimba ilmu dan pengalaman BUMDes terbaik dalam mengelola dan mengembangkan BUMDes.

Soalnya, pada Pelatihan BUMDes yang bakal digelar 28 Februari hingga 2 Maret 2019 itu, salahsatu materi yang bakal didapatkan para peserta adalah mendengar langsung pengalaman pegiat BUMDes terbaik di Indonesia dalam mengelola BUMDes sehingga menjadi BUMDes yang gemilang.

Digelar selama tiga hari, para peserta bakal diajak menelusuri berbagai tema Pembentukan, Penguatan dan Pengembangan BUMDes secara sistematis dan aplikatif. Sistematis berarti materi disampaikan berdasar urutan proses sehingga proses pembentukan hingga pengembangan BUMDes bakal gampang dipahami. Sedangkan aplikatif berarti, seluruh materi adalah hasil riset dan pengalaman nyata pendampingan yang telah dilakukan Syncore Indonesia diberbagai desa di belahan nusantara sehingga dijamin bakal gampang dipraktikkan dalam praktik yang nyata.

Apa saja materi pelatihan yang bakal didapatkan peserta:

  1. Teknik Fasilitasi dan Filosofi BUMDes

Materi ini akan mengaarkn bagaimana membangun suasana yang hangat dengan seluruh warga desa dalam proses sosialisasi BUMDes sehingga pendampingan BUMDes bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

  • Pemetaan Potensi dan Pemilihan Jenis Usaha

Bumdes.id sudah mengembangkan beberapa metode yang akan menunjukkan pada Anda mengenai cara yang cepat dan komprehensif dalam menilai potensi desa lalu memilih salahsatu potensi untuk diangkat menjadi unit usaha berdasar kesepakatan warga.

  •  Menyusun AD/ART dan Perdes. Ini adalah materi mengenai aspek legal apa saja yang harus dimiliki BUMDes. Sesi ini juga akan menunjukkan pada Anda apa saja hal penting yang harus diperhatikan ketika meyusun AD/ART BUMDes.
  • Menyusun Struktur dan Tata Kelola. Mater ini akan mengajarkan pada Anda mengenai cara menyusun struktur dan bagaimana memilih orang-orang tepat untuk duduk dalam struktur dan menjalankan tugas mengelola BUMDes.
  • Perencanaan dan Penganggaran

Materi ini akan memberitahu Anda cara menghubungkan rencana strategis desa dengan rencana strategis BUMDes, rencana kegiatan dan anggara tahunan. Sehingga bakal tercipta sinergi yang saling menguatkan pada masing-masing lembaga itu.

  • Tahukah Anda, Bumdes.id – Syncore telah menciptakan Software Akuntansi Bumdes yang akan sangat membantu para pengurus BUMDes mencatat dan melaporkan keuangan Bumdes dengan aplikasi Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES (SAAB).
  • BUMDes Go Digital

Peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana caranya memasarkan produ atau jasa melalui perangkat dan teknologi digital. Pemanfaatan teknologi digital sudah menjadi hal wajib bagi setiap BUMDes di negeri ini.

  • Studi Lapangan ke BUMDes Panggung  Lestari, Panggungharjo, Sewon, Bantul

Panggungharjo adalah Desa Terbaik Nasional 2014 yang memiliki praktik BUMDes sangat baik dan menjadi salahsatu BUMDes rujukan nasional. Para peserta akan diajak datang, melihat langsung dan berdiskusi langsung dengan para pegiat BUMDes Panggung Lestari.

Ini adalah cara yang sangat efektif bagi peserta untuk memahami secara menyeluruh bagaimana sebuah praktika usaha dijalankan sebuah BUMDes dengan baik.

Itulah deretan materi yang bakal didapatkan peserta Pelatihan dan Pendampingan BUMDes gelaran Bumdes.id dan SMB. Dibuka untuk siapa saja, pelatihan ini akan menggunakan metode classing alias di dalam kelas sekaligus outdoor. Classing akan digelar di Meeting Room Gedung Syncore Indonesia di Jalan Solo, Maguwo, Yogyakarta. Tertarik Pelatihan BUMDes ini, Telp/SMS/WA 087738909800 (Bu Diana) atau 0857 72 900 800 (tim bumdes.id) atau Telpon Telp: 0274-488599. Dijamin Anda bakal mendapatkan pelatihan yang paling berkesan dibanding pelatihan lain.(timmedia/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *