Majalah Inovasi Desa, Kunci-kunci Keberhasilan Desa Inovatif Ada di Sini

BUMDES.ID – Mengukuhkan dirinya sebagai lembaga yang memberikan layanan informasi terlengkap mengenai ekonomi desa, Bumdes.id menerbitkan majalah Inovasi Desa. Ini adalah majalah tiga bulanan yang bakal mengusung beragam informasi terkini desa-desa inovatif di seluruh Indonesia.

Peluncuran majalah yang ini menjadi salahsatu menu acara dalam Rembug Akademisi BUMDes di Lantai 6 Tower Pertamina UGM (2/2) lalu. Rencananya, edisi pertama majalah ini bakal dimulai Februari. Namun sejak Januari, Inovasi Desa telah mengeluarkan edisi prototipe untuk dikenalkan pada segenap calon pembacanya.

Sesuai namanya, media ini bakal menyuguhkan berbagai informasi terbaru berbagai BUMDes terutama terobosan-terobosan yang dilakukan BUMDes di berbagai desa di Indonesia. Majalah ini menggali secara mendalam mengenai kisah yang dilalui BUMDes-BUMDes itu untuk meraih kesuksesan. Soalnya, kisah-kisah itulah yang saat ini sedang sangat dibutuhkan desa-desa lain yang sedang membaca optensi diri dan berproses melahirkan inovasi.

Meski bertema desa yang dianggap tidak terlalu menarik, kurang modern dan sepi peminat, tapi Majalah Inovasi Desa memiliki beberapa terobosan untuk membawa tema-tema desa membangun menjadi asyk dibaca dan didiskusikan. Rahasianya, pada cara meracik isu demi isu dan bagaimana isu-isu itu dipaparkan.

Konten majalah ini diracik dengan modern dan disajikan dalam bahasa yang renyah dan enak dibaca. “Media cetak memiliki beberapa keunggulan dibanding media digital, salahsatunya eksklusif, nyata dan hanya memiliki sistem komunikasi satu arah sehingga kontennya lebih mampu mempengaruhi persepsi pembaca. Kami memanfaatkan keunggulan itu untuk membangun jaringan antardesa.,” papar Rudi Suryanto, Founder Bumdes.id yang juga Sekretaris Jenderal Forum BUMDes Indonesia.

Inovasi Desa, kata Rudi, tidak akan dicetak dalam jumlah besar-besaran melainkan lebih difokuskan untuk beredar di kalangan pemangku kebijakan pemerintah baik lokal maupun nasional. “ Untuk kalangan yang lebih luas, bisa mengunduh majalah ini dalam bentuk digital melalui jaringan website Bumdes.id. Jadi, siapapaun pada akhirnya bakal bisa mengakses berbagai materi yang ada di dalamnya.

Selain majalah, Bumdes.id juga menerbitkan ‘BUMDES Update’ yakni newsletter digital. Terbit satu kali setiap bulan, BUMDes Update adalah ulasan beberapa isu penting mengenai pembangunan ekonomi desa selama satu bulan. Sebelum diterbitkan, tema-tema ini telah melalui serangkaian diskusi dan diterbitkan sebagai tema bulanan yang penting disimak para pegiat desa.

Selain majalah dan newsletter, Bumdes.id sebagai sebuah website juga bakal mengalami berbagai penyegaran. Beberapa sentuhan untuk Bumdes.id antara lain seperti tema yang bertambah luas sehingga bakal melahirkan rubrik tersendiri.

Bumdes.id juga telah melakukan riset dan serangkaian kajian untuk mencari model penulisan yang paling cocok untuk website ini. Soalnya, Bumdes.id ingin menjadi penyedia informasi yang paling lengkap bagi seluruh desa di Indonesia dan menjadi referensi desa-desa sehingga desa lebih cepat terdorong untuk maju.

Tidak tanggung-tanggung, penyediaan informasi dan berita bakal dilakukan Bumdes.id dalam tiga bentuk sekaligus yakni Majalah Inovasi Desa terbit tiga bulanan, newsletter terbit satu bulanan dan Bumdes.id bakal selalu menyuguhkan tulisan-tulisan yang baru setiap hari. Tiga media ini bakal saling melengkapi dan menjadi sebuah poros social education yang dikembangkan Bumdes.id. Hingga saat ini tema mengenia BUMDes dan data mengenai desa-desa yang berhasil mengembangkan ekonomi lokalnya masih sangat terbatas. Karena berbagai keterbatasan pula isu mengenai desa, BUMDes dan isu-isu pendukung lainnya juga masih sulit ditemukan di jagat maya. Karenanya Bumdes.id menyediakan diri menjadi referensi yang menyediakan berita, kisah dan berbagai kisah inovasi desa-desa terkini. Jadi, tak ada alasan lagi bagi Anda ketinggalan cerita mengenai kemajuan desa-desa di seluruh Indonesia.(aryadji/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *