Hasil Rembug Akademisi Bumdes – Memantabkan Peran Akademisi Bumdes dalam Pendampingan dan Pengembangan Bumdes

Screen Shot 2019-02-12 at 23.40.45

Pada hari Sabtu, tanggal 2 Februari 2019, bertempat di UGM telah dilaksanakan Rembug Akademisi Bumdes. Peserta berjumlah 130 orang dari 65 Perguruan Tinggi. Rembug Akademisi Bumdes menghasilkan “Pakta Kerjasama Akademisi Bumdes” dengan butir-butir sebagai berikut:

  1. Sebagai rangkaian Rembug Akademisi Bumdes sebelumnya telah dilaksanakan TOT Pendampingan Bumdes, Studi Lapangan ke Desa Teladan Nasional Desa Panggungharjo, launching program dan penandatanganan MoU.
  2. Program-Program yang dilaunching pada Rembug Akademisi Bumdes adalah:
  • Aplikasi Android Bumdes.ID sebagai gerbang informasi dan jejaring seluruh Bumdes di Indonesia
  • Majalah dan Buletin Inovasi Desa sebagai media untuk mengangkat inovasi-inovasi di Desa dan Bumdes supaya bisa direplikasi di tempat lain dan menampung tulisan-tulisan dosen dan mahasiswa terkait Desa dan Bumdes.
  • Sertifikasi Teknisi Akuntansi Bumdes untuk menjembatani kebutuhan tenaga akuntansi di Bumdes-Bumdes
  • Program Satu Kabupaten Satu Sekolah Bumdes untuk lima kabupaten yaitu Bantul, Wonosobo, Pasuruan, Gianyar, Sawahlunto.
  1. Total lembaga yang berminat untuk MoU kerjasama adalah 51 Lembaga, Penandatanganan MoU telah dilakukan untuk 15 Perguruan Tinggi dan Lembaga, serta sisanya sedang dalam proses.
  2. Peserta Rembug Desa bersepakat untuk melakukan tindak lanjut dalam bentuk-bentuk sebagai berikut:
  • Meningkatkan kerjasama Forum menjadi Asosiasi.
  • Mendorong peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk tema-tema Desa dan Bumdes, salah satunya dengan menerbitkan Jurnal Pengabdian Masyarakat dibawah Asosiasi dan/atau berjejaring dengan jurnal-jurnal pengabdian yang sudah ada.
  • Mendorong pertukaran dosen sebagai pembicara, mitra bestari dan pertukaran makalah serta saling mendukung pelaksanaan konferensi dan seminar dengan tema Desa atau Bumdes, utamanya untuk memenuhi poin-poin dalam borang akreditasi dan memenuhi kum dosen.
  • Meningkatkan kerjasama untuk mendorong semakin banyaknya Hak Kekayaan Intelektual untuk inovasi teknologi dan inovasi sosial, terutama yang terkait dengan tema Desa dan Bumdes
  1. Untuk menyiapkan bahan-bahan tersebut diharapkan dibentuk Tim Perumus, yang terdiri dari 10 orang perwakilan, untuk menyiapkan rancangan Naskah Akademik pembentukan Asosiasi, AD/ART, Struktur dan Rencana Strategis, untuk menjadi bahan pembahasan RAKERNAS Akademisi Bumdes.

Materi Presentasi Rembug Akademisi Bumdes bisa di unduh di :

http://bit.ly/materirembugakademisibumdes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *