BUMDes Sidowayah Membangun Desa untuk Indonesia

BUMDes Sidowayah Membangun Desa untuk Indonesia

BUMDES.ID – Anda bakal salah besar jika mengira desa identik dengan hal-hal yang tertinggal. Adalah Desa Sidowayah, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Jika Anda datang ke desa ini, Anda bakal menemukan sebuah komplek laboratorium canggih, mirip seperti dalam film-film ilmiah Hollywood.

Itu adalah tempat dikembangkannya Pupuk Alga, sejenis lumut yang memiliki perilaku unik yakni tumbuh berkembang dengan memeblah diri. Perilaku inilah yang kemudian dikembangkan oleh para Insinyur dari Universitas Diponegoro, Semarang menjadi potensi luar biasa. Mereka mengembangkan proses pembiakan dengan sistem Flow Bio Reactor (FBR) yang mapu menciptakan prose spanen dalam lima hari.

Setelah dipanen, produk ini lalu dijadikan bahan pupuk non kimiawi. Tak hanya pupuk, bahan ini juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan sabun muka dan berbagai produk kosmetik yang lain. Hebatnya, ini adalah instalasi yang dijalankan oleh para insinyur yang hebat itu bersama: BUMDes.

Ya, inilah salahsatu unit usaha BUMDes Sidowayah yang namanya BUMDes Sinergi alias Sinergi. Ternyata diam-diam BUMDes Sinergi sedang menyiapkan langkah besar berbasis ilmiah yakni mengembangkan pupuk yang mampu meningkatkan produksi pada sektor pertanian dengan perolehan yang luar biasa.

Bayangkan, pada ujicoba awal, satu botol pupuk ini mampu meningkatkan hingga 500 Kg beras untuk area ½ hektar. Bayangkan peningkatan produksi beras yang bakal terjadi jika pupuk ini sudah mulai digunakan secara massal. Padahal satu boto pupuk ini hanya dibandrol Rp. 80 ribu saja. Saat ini kapasitas produk yang dihasilkan sudah mencapai 80 ribu botol per bulan.

Itu baru salahsatu yang dilakukan BUMDes Sinergi. Pada saat yang sama BUMDes ini juga mengembangkan desanya menjadi desa dengan potensi wisata yang unik yakni membagi tema-tema yang berbeda pada masing-masing dusun untuk dikembangkan menjadi daya tarik wisata. Misalnya ada Kampung Dolanan yang menyediakan aneka jenis dolanan anak-anak sebagai atraksinya. Ada pula Kmpung Lalu Lintas yang mengajarkan kepada anak-anak mengenai pentingnya berlalu lintas yang baik. Sangat edukatif, bukan.

Di desa ini juga sudah tersedia Guest House, Umbul alias mata air lengkap sebagai kolam pemandian dan play ground yang selalu dirindukan anak-anak itu. Pada area lainnya sedang diembangkan idustrialisasi pupuk Alga.
Jadi, desa sebagai sebuah potensi yang akan menciptakan kekuatan ekonomi besar bagi negeri Indonesia bukan lagi mimpi. Desa Sidowayah bahkan sudah menyiapkan strategi ketahanan pangan dengan skala yang besar, melebisi batas-batas desa mereka sendiri. (timmedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *