Bumdes.id Dampingi Lahirnya Usaha Produk Bubuk Merica di Kampung Sambakungan, Berau

Badan Usaha Milik Kampung (BUMKamp) Desa Sambakungan, Kecamatan Sambaliung, Berau, Kalimantan Timur, bakal mulai bergeliat. Desa ini bakal segera melahirkan usaha Bubuk Merica dan menyatakan diri sebagai desa penghasil Bubuk Merica.

Usaha BUMKamp ini lahir berkat Workshop yang digelar Kepala Kampung Sambakungan, para pengurus BUMKamp dan Tim Bumdes.id (Syncore Indonesia) yang mendampingi proses identifikasi potensi desa untuk didorong menjadi unit usaha milik desa.

Bumdes.id berada di desa ini sebagai bagian dari kerjasama Program CSR PT Berau Coal yang fokus pada pemberdayaan ekonomi lokal berbasis potensi lokal. Dalam Forum Interaktif yang digelar antara pihak Kepala Kampung dan CSR PT Berau Coal, dipastikan perusahaan ini akan mendukung penuh usaha bubuk merica yang dikelola BUMKamp Sambakungan.

Merica adalah salahsatu komoditas yang dihasilkan desa ini. Hasil analisa Tim Syncore Indonesia yang melakukan observasi langsung di lapangan menghasilkan simpulan bahwa merica bisa menjadi komoditas lokal yang memiliki daya jual tinggi dan memiliki potensi besar meningkatkan pendapatan warga.

Merica ini bakal diolah lebih dahulu sebelum di lempar ke pasar dan dijual dalam bentuk bubuk untuk memberi nilai tambah. Diharapkan produk ini bakal menjadi produk unggulan Kampung Sambakungan dan menjadi unit usaha BUMKam desa ini.(timmedia/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *