BUMDes Desa Gunung Payung Genjot Diri Menuju Desa Wisata

BUMDes Desa Gunung Payung

BUMDES.ID – Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tak harus digelar di hotel, ruangan ber-AC atau restoran mahal. Pelatihan bahkan bisa dihelat dengan meriah meski diselenggarakan di salahsatu ruangan Balai Desa. Tim Bumdes.id punya pengalaman sangat menarik mengenai pelatihan seperti ini.

Seperti yang dilakukan BUMDes Gunung Payung, Kecamatan Candiroto, Temanggung. Para pegiat BUMDes Gunung Payung justru sengaja menggelar pelatihan BUMDes di Balai Pertemuan warga di desanya. Pelatihan ini diikuti para pengurus BUMDes, perangkat desa dan para pegiat desanya dan para tokoh pemuda.

Difasilitasi PLAN International dan Dinas PMD Kabupaten Temangung, pelatihan berjalan dengan penuh semangat di tengah suasana desa Gunung Payung yang berhawa sejuk dan asri. Para peserta sangat serius menyimak setiap hal yang disampaikan pemateri dari Bumdes.id.

Materi pertama dibuka dengan membahas Mindset Wirausaha dan Filosofi BUMDes. Ini adalah dua materi dasar yang harus dipahami oleh perangkat desa dan terutama para pengurus BUMDes sehingga mereka paham posisi kelembagaan BUMDes di desa serta peran dan tanggung jawab BUMDes pada warga. Pada sesi ini dibahas pula berbagai kunci yang harus dimiliki BUMDes untuk bisa menuju sukses.

Pada materi berikutnya para peserta Pelatihan BUMDes diajak berdiskusi mengenai pemetaan bentang yang terdiri dari Bentang Alam (Landscape) dan Bentang Kehidupan (Life Scape). Forum menjadi tambah semangat ketika Tim Bumdes.id membagi para peserta menjadi beberapa kelompok berisi 5-6 orang.

Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk memetakan potensi desanya dan sekaligus harus pula menemukan peluang yang bisa dimanfaatkan. Ini adalah sesi yang menguji para peserta pada pemikiran bisnis yang sesungguhnya. Mereka tak hanya harus menemukan dan memahami potensi desa mereka tetapi sekaligus harus pula bisa menjual potensi itu sebagai sebuah produk desa.

Hebatnya, pada Pelatihan BUMDes ini pula para peserta kemudian menyimpulkan bahwa potensi terbesar yang bisa dikembangkan desa mereka adalah pengembangan Desa Wisata. Soalnya desa ini memang dianugerahi keindahan alam, perkebunan dan pengolahan kopi serta berbagai atraksi busaya yang bakal membuat orang yang menyaksikannya bakal jatuh hati.

Apalagi desa ini telah lama dikenal sebagai desa pengolah kopi dengan kualitas yang sangat baik hingga dikenal di beberapa negara di luar negeri. Malam itu juga Desa Gunung Payung telah sepakat melahirkan mimpi mereka selama ini yakni memiliki BUMDes dengan unit usaha Desa Wisata untuk membangun kesejahteraan desa dengan cara mereka sendiri.

Anda ingin memiliki kesempatan emas seperti Gunung Payung, Tim Bumdes.id selalu terbuka untuk berdiskusi atau menggelar pelatihan untuk Anda dan berbagai desa di seantero negeri.(timmedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *