Apa Pentingnya Pelatihan Marketing Digital, Ini Jawabannya

BUMDES.ID – Sekarang ini ada banyak penawaran Pelatihan Digital Marketing. Tahukah Anda kenapa Digital Marketing menjadi begitu penting sehingga sampai harus mengikuti pelatihannya?

Digital Marketing adalah penggunaan perangkat digital untuk melakukan kerja pemasaran atas produk atau jasa yang kita jual. Sesuai namanya, sistem marketing ini mengharuskan kita menggunakan perangkat digital seperti website dan media sosial seperti Facebook, Instagram serta berbagai saluran internet termasuk WhatAps, Line, Telegram dan lain-lain.
Ada berbagai keunggulan yang memang dimiliki perangkat digital sebagai alat pemasar produk atau jasa dibanding cara konvensional. Apa sajakah keunggulan itu, inilah daftarnya:

  1. Pemasaran Online alias digital mampu bekerja selama 24 jam sehari. Bayangkan saja jika harus mempekerjakan orang untuk bekerja 24 jam. Selain membutuhkan banyak personil juga bakal menguras kantung untuk membayar mereka.
  2. Memiliki daya jangkau yang luar biasa karena saluran internet tidak terbatas ruang. Kota manapun, belahan dunia manapun bakal terjangkau oleh perangkat ini. Jadi jangan kawatir meski Anda tinggal di daerah terpencil sekalipun, asal ada jaringan internet, Anda bisa memasarkan apa saja dari meja makan rumah Anda di desa.
  3. Biaya pemasaran melalui digital marketing jauh lebih irit dibanding model pemasaran konvensional. Soalnya, Anda bahkan tidak perlu berigsut dari tempat duduk Anda untuk membuat konten pemasaran. Dengan beberapa akun media sosial saja, materi pemasaran Anda langsung tersebar dengan kecepatan dan daya jangkau yang luar biasa. Bandingkan jika harus membayar orang untuk berkeliling dari satu kota ke kota lainnya. Apalagi jika harus membuka kantor cabang di setiap kota untuk berkumpul para pemasar Anda. Berapa biaya yang harus Anda rogoh dari kas perusahaan untuk membayar sewa kantor, membayar listrik, biaya transportasi hingga gaji pegawai.
  4. Sistem Digital Marketing memungkinkan kita melakukan pengukuran respon konsumen dengan cepat dan akurat dan murah. Anda bisa melakukannya tanpa beranjak dari tempat duduk Anda.
  5. Alat atau perangkat yang Anda butuhkan juga sederhana. Bahkan Anda bisa melakukan pekerjaan ini hanya dengan HP sekalipun. Tetapi biasanya para pemasar online juga menggunakan laptop atau perangkat komputer untuk membuat atau menyusun konten promosi karena butuh menggabungkan gambar, video dan sentuhan seni dalam kadar tertentu sesuai produk yang dijual.

Beberapa hal di atas baru sebagian saja keunggulan pemasaran melalui jaringan digital. Hanya saja, karena berbagai keunggulan itu pula maka kini setiap orang bisa membangun kemampuan pemasarannya melalui cara ini.

Itulah kenapa Pelatihan Digital Marketing menjadi penting Anda ikuti. Soalnya, pada pelatihan itu Anda bakal mendapat banyak cara, strategi dan bentuk pemasaran yang bisa Anda jalankan. Misalnya, bagaimana cara menciptakan foto produk yang menjual, bagaimana cara menyusun kalimat promosi yang efektif dan bagaimana membangun sistem manajemen keuangan, manajemen promosi yang terstruktur dan sebagainya.

Mengikuti Pelatihan Digital Marketing seperti itu akan membuat Anda mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai cara menjadi pemasar yang handal sekaligus mengembangkan pemasaran pada produk atau jasa yang Anda jual.

Beberapa kemudahan dan keunggulan itu pula yang membuat Digital Marketing harus dikuasai anak-anak muda desa. Apa pasal, karena ada banyak produk desa yang sesungguhnya potensial dijual melalui cara ini. Sasalahsatu yang paling paling berhasil adalah pemasaran wisata desa atau desa wisata. Pingin menguasai Digital Marketing untuk meningkatkan penjualan produk atau desa wisata Anda? Hubungi Bumdes.id, Digital Marketing adalah salahsatu mata pelatihan yang sekarang ini mulai dibuka oleh lembaga ini.(timmedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *