Workshop Penyusunan RBA Dan Laporan Keuangan Berbasis SAAB BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung

Selasa – Rabu, 8 – 9 Januari 2019. Bumdes.id mengadakan workshop penyusunan RBA (Rancangan Bisnis Anggaran) dan laporan keuangan berbasis SAAB (Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes) yang diikuti oleh BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung. Workshop ini diadakan di Ruang Tengah Syncore selama dua hari berturut-turut, yakni tanggal 8 sampai 9 Januari 2019. Workshop ini dipandu oleh narasumber yang merupakan konsultan Syncore, yakni Surya Niti Hapsara selaku pembahas akuntansi keuangan dan Dhimas Insan selaku pembahas aplikasi SAAB. Workshop tersebut membahas perihal penyusunan RBA dan laporan keuangan berbasis SAAB BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung.

BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung sudah berdiri sejak tahun 2011. Hingga tahun 2016, BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung mengelola laporan keuangannya secara manual dan belum memiliki dokumen laporan pertanggungjawaban BUMDes. Selain itu, BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung belum memiliki perencanaan anggaran bisnis untuk pelaksanaan bisnis selama satu tahun ke depan. Oleh karena itu, pembuatan RBA ini nantinya dapat membantu BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung dalam membuat perencanaan bisnis dengan menggunakan tiga konsep bisnis, yaitu anggaran berbasis kinerja, standar satuan harga, dan kebutuhan belanja. RBA ini meliputi ringkasan, rincian, perkiraan harga, perkiraan persentase ambang batas, dan perkiraan maju atau forward estimate.

Selama ini BUMDes Tirto Wening Makmur merasa kesulitan dalam melakukan pencatatan sehingga berharap penuh aplikasi akuntansi BUMDes yang ditawarkan oleh Syncore dapat membantu pencatatan keuangan BUMDes. Dengan adanya SAAB, BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung dapat membuat anggaran dan proyeksi biaya sehingga dapat mengetahui keuntungan yang didapatkan tiap tahunnya. Dari keuntungan tersebut, nantinya BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung mampu membuat tata kelola, manajemen, dan keuangan BUMDes.

Pada hari pertama maupun hari kedua, peserta workshop dari BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung turut serta berlatih menginput data di aplikasi SAAB. Hal ini dapat menunjang SDM dari BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung dalam memahami cara pencatatan dan pelaporan keuangan BUMDes.

Adapun output dari RBA ini ialah perencanaan, laporan keuangan, dan buku pembantu. Dengan demikian, BUMDes Tirto Wening Makmur Temanggung dapat terbantu dengan adanya aplikasi SAAB dalam membuat laporan yang meliputi laporan pertanggungjawaban, laporan keuangan, dan laporan keuangan SAK sehingga dapat tersistem dan terorganisir dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *