BUMDes Puncak Pokurumba, Berdayakan Masyarakat dengan Usaha Pengolahan Kopra Putih

Desa Pokorumba adalah salah satu desa di Kecamatan Poleang, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Desa Pokorumba memiliki sebuah Badan Usaha Milik Desa yang bernama BUMDes Puncak Pokurumba.

BUMDes yang telah berdiri sejak September 2017 ini telah berjalan selama 2 bulan dengan mengelola 1 unit usaha yaitu pengolahan kopra putih. Pemilihan jenis usaha ini didasarkan pada fakta bahwa produksi kelapa desa cukup besar dan sangat berpotensi untuk meningkatkan pendapatan asli desa. Sehingga, dalam menjalankan usahanya Bumdes tidak hanya menvcari keuntungan BUMDes, tetapi juga membawa keuntungan bagi warga masyarakat karena menggunakan kelapa hasil produksi warga setempat untuk membuat kopra. Saat ini, BUMDes Puncak Pokurumba memiliki 5 orang pengurus dan telah memiliki 10 orang karyawan yang bekerja dalam pengelolaan kopra putih.

Harus diakui konsep BUMDes yang berbeda dari jenis-jenis kebijakan pemberdayaan desa lainnya menjadikan pendirian BUMDes awalnya tidak berjalan dengan mudah. Kebanyakan kendala yang dihadapi oleh BUMDes Puncak Pokurumba pada awal pendiriannya adalah mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang berjiwa entrepreneur yang mau bekerja keras untuk kesejahteraan masyarakat, tidak hanya keuntungan pribadi Namun, kendala-kendala yang mengganggu kelancaran usaha mereka tidak menjadikan BUMDes Puncak Pokurumba menyerah, justru memacu semangat untuk terus berusaha agarĀ  usaha yang dijalankan semakin baik. Saat ini cuaca masih menjadi kendala bagi BUMDes ini dalam menjalankan usahanya terutama dalam musim hujan, karna pengolahan kopra putih sangat membutuhkan sinar matahari. Kendala ini tentunya tidak menghambat BUMDes Puncak Pokurumba untuk terus berkembang dan membangun kesejahteraan desa.

Hal ini terlihat dari komitmen pengurus BUMDes untuk tidak memikirkan berapa yang harus mereka terima, melainkan memikirkan tentang bagaimana usaha terbaik untuk membuat usaha BUMDes ini berjalan dengan baik. Terbukti pada bulan pertama beroperasi,dapat diperoleh keuntungan bersih sebanyak Rp5.750.000. Kerja ikhlas pengurus juga terlihat pada bulan kedua usaha pengolahan kopra beroprasi, dengan meningkatnya laba bersih mencapai Rp9.250.000. Direktur BUMDes Puncak Pokurumba, Makmur Saputra, target pendapatan untuk bulan selanjutnya diharapkan mampu melampaui bulan kedua. Saat ini, BUMDes Puncak Pokurumba memiliki 5 orang pengurus dan telah memiliki 10 orang karyawan yang bekerja dalam pengelolaan kopra putih.

Makmur Saputra selaku Direktur juga mngungkapkan harapan kedepannya untuk BUMDes Puncak Pokurumba. Ia berharap semangat masyarakat dalam mendukung perkembangan bumdes tidak menurun, karna tanpa dukungan mereka maka BUMDes Puncak Pokurumba tidak bisa berjalan dengan baik, Ia juga menambahkan adanyaharapan untuk mendapat perhatian dari pemerintah agar kedaepanya kami bisa membentuk beberapa unit usaha.

Ingin Bumdes Anda kami liput? silahkan hubungi admin kami melalui 0857-7290-0800 atau melalui pesan ke facebook Bumdes.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *