Bagaimana Cara Membentuk BUMDesa?

Bagaimana cara membentuk BUM Desa?

Badan Usaha Milik Desa atau biasa disebut BUM Desa adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Sebagai badan usaha yang tujuannya untuk meningkatkan pendapatan asli desa dan memberdayakan masyarakat desa maka pendirian BUM Desa harus memperhatikan potensi desa yang dapat digunakan sebagai usaha yang nantinya akan dijalankan bersama.

Menurut Permendes-PDTT Nomor 4 Tahun 2015 pembentukan BUM Desa didasarkan pada musyawarah desa. Namun pada praktinya ada beberapa langkah awal yang harus dilakukan sebelum musyawarah desa, karena pada kenyataannya banyak dari warga masyarakat yang tidak mengetahui BUM Desa itu sendiri apa dan manfaatnya untuk apa. Oleh sebab itu berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membentuk BUM Desa :

  1. Sosialisasi BUMDesa
  2. Pembentukan Tim Persiapan Pembentukan BUM Desa
  3. Rapat/Workshop Pemetaan Potensi dan Pemilihan Usaha
  4. Sosialiasi Pemetaan Potensi dan Pemilihan Usaha pada Masyarakat
  5. Penyusunan AD/ART dan Raperdes
  6. Sosialisasi Draft AD/ART dan Raperdes
  7. Persiapan Pelaksana Musyawarah Desa
  8. Musyawarah Desa Pembentukan BUM Desa

Dari tahapan tersebut harapannya warga masyarakat akan tau betul manfaat apa saja yang akan didapat dalam pendirian BUM Des. Jadi dengan tahapan tersebut warga masyarakat akan objektif dalam menilai BUM Desa sebagai salah satu Badan Usaha yang tujuannya untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Salam BUMDes !

selengkapnya baca di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *