Pertanggungjawaban Pelaksanaan BUMDes

BUMDes adalah Badan Usaha Milik Desa. Secara sederhana untuk memahami BUMDes, kalau di pusat ada BUMN, di daerah ada BUMD, dan di desa ada BUMDes. BUMDes adalah badan usaha, dengan tujuan mencari keuntungan yang nantinya digunakan sebesar-besarnya untuk kemanfaatan desa dan masyarakat. Peraturan selengkapnya mengenai BUMDes dalpat dilihat di Permendesa No. 4 Tahun 2015.

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan dalam forum Bumdes.id adalah kepada siapa laporan pertanggungjawaban pelaksanaan BUMDes disampaikan?

Pasal 31 Permendesa No. 4 Tahun 2015 membahas terkait ini pertanggungjawaban pelaksanaan BUMDes, dengan merinci menjadi 3 tahap, yaitu:

{1} Pelaksana Operasional melaporkan pertanggungjawaban pelaksanaan BUM Desa kepada Penasihat yang secara ex-officio dijabat oleh Kepala Desa.
(2) BPD melakukan pengawasan terhadap kinerja Pemerintah Desa dalam membina pengelolaan BUM Desa.
(3) Pemerintah Desa mempertanggungjawabkan tugas pembinaan terhadap BUM Desa kepada BPD yang disampaikan melalui Musyawarah Desa.

Sehingga dalam pertanggungjawaban pelaksanaan BUMDes, ada tiga pihak yang terlibat yaitu Pelaksana Operasional, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Pemenrintah Daerah. Pada akhirnya pertanggungjawaban pelaksanaan BUMDes harus dilaporkan kepada Pemerintah Desa dan BPD.

Pada Pasal 32 Permendesa No. 4 Tahun 2015 juga dijelaskan lebih lanjut mengenai fungsi pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintahan diatas pemerintahan desa, yang meliputi:

(1) Menteri menetapkan norma, standar, prosedur dan kriteria BUM Desa.
(2) Gubernur melakukan sosialisasi, bimbingan teknis tentang standar, prosedur, dan kriteria pengelolaan serta memfasilitasi akselerasi pengembangan modal dan pembinaan manajemen BUM Desa di Provinsi.
(3) Bupati/Walikota melakukan pembinaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pengembangan manajemen dan sumber daya manusia pengelola BUM Desa.

Aturan terkait BUMDes dan Desa lainnya dapat ditemukan di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *