Peran Bupati Dan Gubernur Dalam Bumdes

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes atau BUMDesa) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagaian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasala dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 pasal 4 menyatakan bahwa pada dasarnya sebuah desa dapat mendirikan BUM Desa berdasarkan Peraturan Desa (Perdes) tentang Pendirian BUM Desa, yang telah disepakati disepakati melalui Musyawarah Desa (Pasal 5) sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertingggal, dan Transmigrasi tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa.

Pembentukan dan perumusan Bumdes seluruhnya dilakukan melalui Musyawarah Desa sering menimbulkan pertanyaan apakah Kepala Daerah seperti Gubernur dan Bupati berhak campur tangan dalam urusan Bumdes? Apakah Gubernur maupun Bupati memiliki peran dalam jalannya usaha Bumdes?

Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Bumdes, Pasal 32 membahas tentang Pembinaan dan Pengawasan, yang berisi:

Pasal 32

(1) Menteri menetapkan norma, standar, prosedur dan kriteria BUM Desa.
(2) Gubernur melakukan sosialisasi, bimbingan teknis tentang standar, prosedur, dan kriteria pengelolaan serta memfasilitasi akselerasi pengembangan modal dan pembinaan manajemen BUM Desa di Provinsi.
(3) Bupati/Walikota melakukan pembinaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pengembangan manajemen dan sumber daya manusia pengelola BUM Desa.

Pasal 32 ayat (2) menjelaskan bahwa Gubernur berperan memberikan bimbingan dan pembinaan dalam lingkup provinsi. Ayat (3) mengatakan bahwa Bupati/Walikota juga memiliki peran dalam pembinaan, pemantauan, dan evaluasi manajemen dan Sumber Daya Manusia pengelola BUMDes. Sehingga, Gubernur maupun Bupati/Walikota juga memiliki peran dalam pembinaan dan pengembangan Bumdes untuk cakupan wilayah masing-masing.

File Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 dapat diakses disini!

Baca juga: Kewajiban, Peran, Dan Wewenang Pelaksana Operasional Bumdes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *