Hal-hal Yang Harus Ada Dalam Proposal Kerjasama Bumdes

Pada postingan sebelumnya bumdes.id telah membahas tentang kerjasama yang bisa dilakukan oleh Bumdes dengan berbagai pihak. BUM Desa dapat bekerjasama dengan lembaga perekonomian desa lainnya seperti koperasi, PKK, usaha swasta, dan lain-lain.
Persyaratan awal melakukan kerjasama dengan badan usaha lain terutama dengan Perseroan Terbatas (PT) adalah adanya proposal kerjasama usaha. Lalu apa apa saja yang harus disampaikan dalam proposal usaha?

2.Bgaimna caranya BUMDES bsa mendapatkan kucuran dana yg besar dri pemerintah? karna dengan uang yg ada sekarang BUMDES kami sepertinya blm mampu menampung semua produk olahan masyarakat tsb.,trimksh sebelumnya pak.
Tidak ada aturan baku bagaimana sistematika proposal kerjasama usaha Bumdes harus disusun. Oleh karena itu, dapat menggunakan struktur proposal sederhana.
1. Latar belakang

Berisis tentang profil Bumdes yang berisi jenis usaha yang dijalani, nama Bumdes, alamat Bumdes, struktur organisasi, dan berbagai info penting yang dapat memberikan gambaran umum tentang Bumdes.

2. Tujuan

Pada bagian ini dijelaskan tentang tujuan melakukan usaha bersama. Tujuan ini harus mengemukakan alasan kenapa kerjasama yang akan dilakukan dapat menjadi nilai lebih bagi kedua belah pihak.

3. Bentuk Kerjasama

Pada bagian ini dijelaskan tentang bentuk kerjasama apa yang diinginkan antara bumdes dan badan usaha lain. Bentuk kerjasama ini dapat berupa CSR, bantuan modal, jual-beli, penyalur, distributor, dan sebagainya.

4. Program/Kegiatan

Pada bagian ini dijelaskan rencana program atau kegiatan kerjasama yang akan dilaksanakan secara rinci. Perencanaan kerjasama semakin rinci semakin memberikan bukti bahwa kerjasama yang akan dilakukan bersifat serius.

5. Penawaran Harga

Karena merupakan sebuah kerjasama antara dua badan usaha, anggaran adalah hal yang perlu untuk didiskusikan  dan dijelaskan dengan rinci. Hal ini perlu untuk menjamin adanya perkiraan tentang proyeksi laba.

6. Penutup

Berisi kesimpulan akhir tentang apa saja yang sudah disampaikan padabagian sebelumnya dalam proposal, yang kembali menyimpulkan keunungan jika kerjasama ini dilakukan.

Bumdes.id menyarankan Bumdes untuk fokus pada satu bidang usaha dalam melakukan kerjasama, hal ini dianggap meminimalkan resiko kerugian, terutama bagi Bumdes yang baru berdiri. Salah satu jenis kerjasama paling sederhana yang dapat dilakukan adalah usaha brokering dimana dapatBumdes jadi perantara antara sebuah perusahaan dengan usaha masyarakat. Misalnya dengan menggunakan PO (Purchase Order) dari perusahaan, dan membagi order tersebut ke masyarakat/industri rumah tangga yang dikelola oleh warga desa.

Contoh file yang mungkin berguna dapat di cek disini!

Baca juga: Besaran Tunjangan Pengurus Bumdes, Ada Aturannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *