Konsep Pembangunan Desa

Desa saat ini tidak lagi identik dengan kemiskinan dan ketertinggalan, ada banyak contoh dari Desa-desa yang beromzet hingga miliaran, yang tidak lain salah satunya adalah dampak positif dari keberadaan BUMDes.

Ada 4 faktor penting yang harus diperhatikan dalam membangun desa yang sejahtera.

1. Pendekatan Spasial (tata ruang)

Pendekatan ini merupakan dasar/acuan arah pembangunan desa, dengan memperhatikan tata ruang dan pemetaan desa untuk melihat potensi desa.

2. Pendekatan Sektoral (BUMDes)

Pendekatan ini fokus untuk membangun ekonomi desa sehingga menjadi desa yang mandiri. Pendirian dan pemberdayaan BUMDes masuk dalam konsep pendekatan ini.

3. Pendekatan Sumber Daya Manusia (SDM)

Pendekatan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas pemerintah desa dan masyarakat dalam mengelola potensi desa. Pendidikan untuk generasi penerus desa perlu diperhatikan, agar keberadaan desa yang sejahtera dapat berkelanjutan.

4. Pendekatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)

Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, transparansi dan akuntabilitas. Kemajuan teknologi dan arus informasi, juga harus dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa. Seperti, mempermudah layanan publik dan memberi transparansi penggunaan dana desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *