Jalan-Jalan di BUMDes Panggungharjo Bersama TOT Angkatan 3

TOT angkatan 3 dilakukan selama 3 hari pada 24 Agustus – 26 Agustus 2017. Pada hari terakhir yaitu Sabtu 26 Agustus 2017. Pada hari ini peserta TOT angkatan 3 melakukan kunjungan ke Desa Panggungharjo. Disini kami meninjau BUMDes yang ada di Desa Pangguharjo.

Desa Panggungharjo memiliki beberapa BUMDes, diantaranya TPS(Tempat Pengolahan Sampah). Disini peserta TOT angkatan 3 menyaksikan bahwa sampah tidak hanya di pilah dan di jual ke pengepul,tapi sampah dapat dinaikan nilai jualnya dengan cara dipilah kemudian diolah agar pengepul mau membeli dengan harga yang lebih tinggi.

Contoh sampah yang di olah di sini adalah jelantah(minyak goreng bekas). Disini peserta TOT angkatan 3 diperlihatkan alat pengolah jelantah hingga menjadi jelantah yang bersih, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Jelantah hasil pengolahan disini di jual ke perusahaan AQUA DANONE. Disana jelantah ini di gunakan sebagai campuran solar untuk bahan bakar.

Selain jelantah TPS ini juga menhasilkan produk lain yaitu pupuk sehat. Para peserta TOT angkatan 3 dapat melihat pupuk sehat hasil pengolahan sampah di TPS ini. Pupuk sehat ini belum di perjual belikan secara  luas karena jumlah produknya yang masih terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *