Layanan

Layanan dan Program Bumdes.id

Menumbuhkan – Menguatkan dan Mengembangkan BUMDES se Indonesia

Bumdes.id mendorong Bumdes se Indonesia untuk saling belajar dan bekerjasama antar bumdes (Bumdes to Bumdes). Untuk itu kami menyedikan beberapa layanan dan program yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah, pemerintah desa dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.


01. Sosialisasi BUMDES

Masih banyak pihak yang belum paham semangat Undang-Undang Desa, utamanya dalam hal pemberdayaan masyarakat lewat BUMDES. Oleh karena itu diperlukan persamaan persepsi lintas sektor agar agenda pembentukan BUMDES, tidak semata-mata menggugurkan kewajiban, tetapi benar-benar berfungsi maksimal. Masih banyak juga pemerintah desa dan calon pengelola BUMDES yang ragu-ragu dan takut untuk memulai BUMDES. Untuk itu kami siap jika diminta untuk membantu dalam melakukan sosialisasi BUMDES, baik dalam menyediakan pembicara, menyediakan materi sampai dengan membantu membuat konsep acara supaya menarik.

Untuk melihat Kegiatan Sosialisasi Bumdes di berbagai daerah bisa KLIK Sosialisasi Bumdes


02. Workshop Pra Pembentukan BUMDES

Apabila telah terwujud persamaan persepsi antara Pemerintah Desa dan masyarakat, dalam hal ini diwakili oleh BPD, maka inisiatif tersebut perlu segera diwadahi dalam sebuah kegiatan, yang biasanya kami beri nama Workshop Pra Pembentukan BUMDES.  Materi-materi yang dibahas dalam Workshop ini, secara garis besar, antara lain:

  1. Pembentukan Tim Persiapan Pembentukan BUMDES
  2. Pemetaan Potensi dan Pemilihan Jenis Usaha
  3. Penyusunan AD/ART dan Raperdes
  4. Pembentukan Struktur dan kriteria pengelola
  5. Perencanaan dan Penganggaran
  6. Pencatatan Transaksi dan Pelaporan Keuangan

Silahkan download dan baca Proposal Proposal Worskhop Pra Pembentukan BUMDES (355 downloads)

Apabila anda tertarik mendapatkan proposal atau bekerjasama dengan kami KLIK Kontak !


03. Workshop Paska Pembentukan BUMDES

Apabila telah terbentuk BUMDES maka, fokus selanjutnya adalah penguatan pada personil (SDM) dan manajemen BUMDES. Pelatihan atau Workshop Paska Pembentukan BUMDES biasanya mencakup materi-materi tersebut:

  1. Penajaman Model Bisnis dengan Business Model Canvass
  2. Perencanaan Strategis Bumdes
  3. Tata Kelola dan Penyusunan SOP Bumdes
  4. Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan
  5. Pencatatan Transaksi dan Pelaporan Keuangan dengan Aplikasi
  6. Penilaian Kinerja dan Sistem Remunerasi

Apabila anda tertarik mendapatkan proposal atau bekerjasama dengan kami KLIK Kontak !


04. Implementasi Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES

Kami telah merancang dan membangun Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES, yang dapat digunakan secara praktis, namun sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES didisain sesuai kebutuhan dan kondisi BUMDES, sehingga orang tanpa background akuntansi sama sekali akan cepat mempelajari dan menggunakan aplikasi ini. Apabila anda tertarik untuk melihat seperti apa aplikasi tersebut, silahkan klik link berikut:

Silahkan baca Proposal anda bisa baca dan download


05. Pengembangan BUMDES

Setelah manajemen BUMDES kuat, langkah selanjutnya adalah pengembangan BUMDES. Pengembangan BUMDES ini ada beberapa tema :

  1. Inisiasi dan pengembangan BUMDES bersama
  2. Pemasaran lewat internet (e-Commerce)
  3. Kerjasama dengan Pihak Ketiga

06. Sekolah Manajemen BUMDES

Sekolah Manajemen BUMDES adalah upaya memberikan pendidikan informal secara terstruktur, dinamis dan menyenangkan untuk meningkatkan kompetensi pengelola, penggerak maupun pendamping BUMDES. Untuk melihat kegiatan-kegiatan kami, silahkan klik kotak dibawah ini:


07. Jelajah Desa Wisata

Jelajah Desa Wisata (JDW) adalah upaya untuk menggali dan mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di desa, baik itu wisata alam, budaya maupun kuliner. Upaya ini dilakukan dengan membuat event-event di Desa Wisata, diseminiasi informasi lewat media dan upaya-upaya lainnya.

Untuk melihat kegiatan yang sudah dijalankan bisa KLIK JDW

Facebook Comments