Pelatihan Pendampingan BUMDes: Rekam Jejak Training On Trainers Angkatan 1-7

Dalam Meningkatkan kemakmuran desa Bumdes merupakan suatu badan usaha yang menjalankan suatu konsep usaha yang tujuannya adalah untuk kemakmuran masyarakat desa. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam menjalankan  Bumdes harus mengikuti konsep bisnis yang benar, manajemen yang tepat dan jiwa kewirausahaan dari pengelola Bumdes. Konsep yang paling dasar adalah mengetahui potensi desa dan pengelolaan yang tepat.

Menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo pada Tahun 2017  menyatakan bahwa dari 74.910 desa yang ada hanya berdiri 18.446 Bumdes dan hanya 2.146 Bumdesa yang aktif. Dari angka tersebut dapat disimpulkan bahwa masih sedikit desa yang sudah mendirikan Bumdes dan diantaranya masih banyak Bumdes yang hidup segan mati tak mau. Padahal desa memiliki sumberdaya alam yang sangat melimpah tapi kebanyakan dari mereka masih kurang paham bagaimana cara mengelolanya dengan baik.

Bumdes.id sebagai media jejaring komunikasi Bumdes seluruh Indonesia memiliki agenda bulanan untuk menyelenggarakan pelatihan pengelolaan Bumdes yaitu Training on Trainers (TOT). Training On trainers angkatan pertama di selenggarakan pada Mei 2017 dan sampai saat ini telah diselenggarakan Training On Trainers hingga angkatan ke-7. Alumni TOT dari angkatan 1 hingga angkatan ke-7 telah berjumlah 111 orang.  Alumni Training On Trainers tidak hanya berasal dari Pulau Jawa  tapi dari berbagai daerah diseluruh Indonesia, seperti Riau, Jambi, Makasar, NTB dan lainnya. Mereka datang dari daerahnya masing-masing untuk menimba ilmu seputar Bumdes dengan semangat membangun desa. salah satu kunci keberhasilan Bumdes adalah kesinergisan berbagai pihak, maka tidak hanya pengurus Bumdes yang harus memahami tentang Bumdes. Terbukti bahwa alumni Training On Trainers tidak hanya berlatar belakang sebagai pengurus Bumdes tapi juga berasal dari berbagai kalangan, seperti Pemerintah Desa, Universitas/Dosen, Lembaga Swadaya Masyarakat, Penyuluh dan konsultan.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pengurus dan pendamping Bumdes agar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dapat lebih berdayaguna dan berhasil.  Hal-hal yang disampaikan dalam pelatihan ini antara lain, Filosofi Bumdes untuk menyamakan persepsi tujuan dari berdirinya Bumdes, Praktek Pemetaan potensi, mendengarkan langsung pengalaman dari pengurus  Bumdes yang sudah berhasil, praktik menggunakan sistem aplikasi akuntansi Bumdes, dan studi lapang langsung kesalah satu Bumdes terbaik di indonesia.

Bulan ini tepatnya tgl 18 – 20  April 2018 Bumdes.id akan kembali menyelenggarakan Training On Trainers angkatan ke-8. Harapannya setelah mengikuti acara ini peserta TOT mampu mengimplementasikan ilmu yang telah mereka terima di desa mereka masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *