Apa yang membedakan BUMDes dari jenis usaha lainnya? Mengapa BUMDes dirasa tepat untuk memajukan kesejahteraan masyarakat desa?

Untuk dapat menjawab pertanyaan ini kita harus menilik kembali filosofi dari pendirian BUMDes. BUMDes merupakan badan usaha yang tidak hanya sekedar menghasilkan profit tetapi juga menghasilkan benefit itu artinya Bumdes bukan semata-mata mencari keuntungan tetapi juga memiliki muatan pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan upaya pemberdayaan masyarakat serta menggerakkan perekonomian desa. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan usaha-usaha biasa, karena usaha biasa hanya mengutamakan profit dan tidak memikirkan benefit.

Hal diatas diperkuat dengan adanya peraturan yang menguatkan presepsi bahwa bumdes merupakan badan usaha yang juga mengutamakan Benefit. Peraturan tersebut diatur dalam pasal 23 ayat (1) UU No. 32 Tahun 2004, bahwa desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Tujuan BUM Desa yaitu mengoptimalkan pengelolaan aset-aset desa yang ada, memajukan perekonomian desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

BUMDes sebaiknya tidak boleh mengambil alih atau membuat mati aktivitas ekonomi masyarakat yang sudah dijalankan tetapi menciptakan sesuatu yang baru, memberikan nilai tambah, atau mensinergikan aktivitas-aktivitas ekonomi yang sudah ada. Selain itu BUMDes merupakan salah satu bentuk social enterprise yaitu lembaga bisnis yang didirikan untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial dengan menciptakan nilai tambah (creating value), mengelola potensi dan aset (managing value), dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sebesar-sebesarnya (distributing value).Hal tersebut lah yang membedakan BUMDes dari jenis usaha lainnya.

BUMDes pada dasarnya merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution). BUMDes sebagai lembaga sosial harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Hal ini sesuai dengan tujuan pendirian sebuah Bumdes pada umumnya, yaitu:

(1) Meningkatkan Perekonomian Desa,

(2) Meningkatkan Pendapatan asli Desa,

(3) Meningkatkan Pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan

(4) Menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

Empat tujuan pendirian Bumdes itu sudah seharusnya melekat pada visi-misi sebuah pemerintahan desa. Ke empat tujuan itu seharusnya menjadi sikap dan dedikasi semua kepala desa dan perangkatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *