Hari ke 2, Peserta Workshop Pengelolaan Bumdes dari Lampung Selatan Berkunjung ke Kampoeng Mataraman

foto bersama setelah kegiatan pemberian materi terkain pengelolaan BUMDes di Kampoeng Mataraman

Hari kedua Jum’at 23 Maret 2017 peserta pengelola Bumdes dan aparat Pemerintah Desa Kecamatan Jati Agung melakukan kunjungan lapang ke Kampoeng Mataraman. Peserta datang ke KM pukul 08.30 yang berangkat dari tempat menginap di hotel D’Salvatoer. Kegiatan yang dilakukan pada sesi pertama ialah pemberian materi yang disampaikan oleh Sekertaris Desa Panggungharjo Ibu Yuli Trisniati, S.H. Dalam pemberiam materi, Ibu Yuli menyampaikan gambaran mengenai desa Panggungharjo seperti keadaan geografis desa, sumber pendapatan desa, program pemberdayaan desa. Dalam pemaparannya, pemerintahan desa Panggungharjo sudah berhasil menjalankan delapan program pemberdayaan desa Panggungharjo. Seperti program pemberdayaan bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanaan ketertiban, pemerintahan, partiipasi masyarakat, kelembagaan serta PKK. Dalam pemberian materi ibu Yeni menyampaikan bahwa pemerintahan desa harus selalu selalu berjalan secara bersama dengan BUMDes. Karena hal itu sangant diperlukan gua tetap menjalin kekuatan secara bersama.

Pada sesi kedua, pemberian materi disampaikan oleh Direktur BUMDes Panggunglestari, Bp Eko Pambudi. Kegiatan pemaparan materi yang diberikan oleh Bp Eko mengenai pembentukan struktur organisasi sampai dengan pemaparan usaha yang dijalankn oleh BUMDes Panggunglestari. Selain pemaparan mengenai usaha yang dijalankan BUMDes Panggunglestari, Bp Eko juga menjelaskan bagaimana cara membangun BUMDes walau hanya dengan potensi desa yang sangat kecil. Beliau juga berpesan kepada para peserta untuk tidak membuat usaha yang dapat mematikan usaha yang sudah lama ada di desa masing masing.

foto suasana penyampaian materi oleh Direktur BUMDes Panggunglestari

Setelah pemaparan materi yang disampaikan oleh Bp Eko selesai, kegiatan selanjutnya adalah kunjungan lapang ke pengolahan sampah BUMDes. Perjalanan yang ditempuh menggunakan kereta mini yang sudah disiapkan oleh pihak KM. Untuk menuju tempat pengoahan sampah hanya membutuhkan waktu selama 10menit perjalanan dari KM. Setelah sampai di tempat pengolahan sampah, peserta langsung diberikan materi tentang cara mengolah sampah oleh pekerja yang sedang mengolah sampah. Peserta sanggat antusias melihat proses pengolahan sampah, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta untuk pekerja pengolah sampah.

foto suasana kunjungan ke pengelolaan sampah BUMDes Panggunglestari

Setelah selesai mengunjungu tempat pengolahan sampah, peserta di arahkan ke masjid dekat kantor BUMDesa Panggunglestari untuk melakukan shalat Jum’at. Setelah itu peserta langsung kembali ke KM untuk mendapatkan materi kembali. Pemberiam materi diberikan oleh kepala unit usaha Kampoeng Mataraman Bp Panji Kusuma. Banyak ilmu yang diberikan mengenai pengalaman beliau mengenai pendirian usaha kepada para peserta. Beliau mengatakan bahwa pendirian usaha tidak tergantung pada potensi sangat tinggi. Yang diperlukan para perintis usaha hanyalah kreatifitas dalam mengelolanya. Karena dengan pemikiran yang kreatif dan unik sebuah hal biasa  dapat menjadi luar biasa. Sesi ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab dengan peserta dimana peserta sangat antusias menanyakan bagaimana mengelola Bumdes dengan baik serta bagaimana menciptakane sinergi antara masyarakat desa, Pemerintah Desa, dan Bumdes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *