TOT Angkatan 7 Memberikan Informasi Keuangan yang Akuntabel

Pendampingan SAAB

Kamis, 15 Maret 2018. Acara Training On Trainer hari kedua dilanjutkan di Ruang Tengah Syncore (RTS). Materi disampaikan oleh Bapak Azfa Mutiara A. Pabulo, SE, MEK dan Ibu Yeni Nur Hayati, S.E., M.Si. penyampaian materi ini dilakukan tiga sesi yaitu sesi yang pertama pemaparan tentang pemetaan potensi, pemilihan unit usaha, dan studi kelayakan. Untuk sesi yang kedua dilakukan presentasi atau simulasi Musyawarah Desa. dan sesi yang ketiga yaitu penyampaian teori dan praktik Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES (SAAB).

Sesi pertama disampaikan oleh Bapak Azfa Mutiara A. Pabulo, SE, MEK. Beliau menyampaikan materi tentang pemilihan dan pemetaan potensi yang ada di daerah para peserta, selain itu juga dilakukan Studi Kelayakan Usaha pada Usaha yang di pilih, agar usaha tersebut dapat diketahui menghasilkan keuntungan atau tidak. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan praktik mengenai pemetaan potensi, pemilihan usaha, dan studi kelayakan usaha. Dalam praktik ini para peserta dibagi menjadi enam kelompok, yang mana setiap kelompok terdiri dari 3-4 peserta.

Setelah sesi pertama selesai dilanjutkan ke sesi kedua yaitu sesi simulasi Musyawarah Desa. pada simulasi ini para peserta TOT diharapkan dapat mempresentasikan hasil diskusi pada yang dilakukan di setiap kelompok. Presentasi ini menjelaskan tentang potensi yang ada di daerah para peserta dan mempresentasikan usaha apa yang akan dijalankan sebagai unit usaha BUMDES. Setelah semua kelompok mempresentasikan hasilnya, diambilah kesimpulan unit usaha apa yang akan dikembangkan atau dijalankan oleh desa tersebut.

Selanjutnya dilakukan sesi terakhir atau sesi ketiga, sesi ini disampaikan oleh Ibu Yeni Nur Hayati, S.E., M.Si, beliau memaparkan tentang pentingnya pemakaian aplikasi atau SAAB dalam BUMDES. Setelah pemaparan selesai dilanjut dengan praktik. Pada praktik ini peserta tetap pada kelompok yang sebelumnya sudah dibagi. Pada setiap kelompok diberikan kartu akses untuk mengakses SAAB secara Online. Setiap kelompok memiliki kode akses berbeda-beda, dan setiap peserta diberikan tanggung jawab untuk menginput keuangan sesuai dengan unit usaha yang telah dibagi oleh ketua kelompok. Pada praktik ini para peserta sangat antusias karena peserta merasa jika memakai aplikasi ini maka semua data keuangan tentang BUMDES akan terkordinir dengan baik.

Setelah ketiga sesi selesai dilanjutkan sesi penutup pada hari kedua ini, para peserta dipersilahkan pulang untuk istirahat, diimana para peserta akan melakukan kunjungan ke BUMDES Panggung Lesatari pada keesokan harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *