Diskusi Terbuka Bumdes – Memetakan Peta Jalan dan Pokok-Pokok Pikiran Bumdes

Fenomena tumbuh dan berkembangnya Bumdes merupakan hal positif yang wajib kita dukung. Bumdes merupakan pengejawantahan demokrasi ekonomi di desa, sesuai pasa 33 UUD 1945, dari masyarakat desa, oleh masyarakat desa dan untuk masyarakt desa. Bumdes memiliki beberapa kekhususan yaitu cukup dibentuk dengan perdes, kekuasaan tertinggi di forum Musder dan mayoritas kepemilikan adalah pemerintah desa.

Meskipun demikian, saat ini Bumdes dalam persimpangan. Pada satu sisi sebagai badan usaha dituntut untuk mandiri dan menguntungkan, disisi lain dituntut juga untuk memberikan kemanfaatan sosial. Dalam persoalan hukum, legalitas pembentukan Bumdes cukup sederhana, yaitu melalui penerbitan Peraturan Desa. Namun, dalam perkembangannya sering bergesekan dengan aturan-aturan lain yang belum sinkron dengan semangat UU Desa.

Diskusi ini akan menghadirkan tokoh-tokoh penting penggerak Bumdes, yaitu Wahyudi A Hadi (Kepala Desa Panggungharjo), Yanni Setiadiningrat (Sekretaris Desa Ponggok, H. Febby D.T Bangso (Ketua Forum Bumdes Indonesia dan Tenaga Ahli Kemendes), Bahrun Wardoyo (Kepala Desa Dlingo) dan Agus Setyanta (Direktur Bumdes Amarta). Acara diskusi akan dimoderatori oleh Rudy Suryanto, SE.,M.Acc.,Ak.CA (Senior Partner Syncore Consulting dan Founder Bumdes.id)

28700694_10213395168927481_8359120240529246813_o

Diskusi ini diharapkan menjadi forum untuk menyamakan persepsi dan inventarisasi problem dan alternatif pemecahan masalah. Hasil dari diskusi akan disampaikan ke kementerian sebagai bahan pengambilan kebijakna lebih lanjut. Acara ini juga bentuk nyata sinergi ABCGFM (Academics, Business, Community, Government, Financial Institution dan Media)

Untuk konfirmasi kehadiran dan informasi lain bisa menghubungi Prisa (085-772-900-800)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *