Desa Wisata di Sukoharjo Akan Manfaatkan BUMDes

(sumber: Solopos.com)

Salah satu jenis usaha yang terbukti banyak berhasil dikelola oleh BUMDes adalah desa wisata. Kita dapat melihat beberapa contoh keberhasilan, seperti Desa Ponggok dalam mengelola Umbul Ponggok, Desa Panggungharjo dengan Kampoeng  Mataraman-nya, dan Gunung Api Purba di Desa Nggelanggeran.

Dikutip melalui Solopos.com, sejumlah desa wisata di Kabupaten Sukoharjo didorong mengoptimalkan pemanfaatan dana desa dengan memanfaatkan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal ini dilakukan untuk mengembangkan berbagai potensi, terutama potensi wisata dan budaya yang diharapkan dapat berimplikasi tumbuhnya perekenomian desa.

 

Solopos.com mengungkapkan ada 3 desa wisata di Sukoharjo yang berupaya memperkuat peran BUMDes untuk menggarap potensi wisata, yaitu Desa Trangsan di Kecamatan Gatak, Desa Wirun di Kecamatan Mojolaban, serta Kelurahan Kenep di Kecamatan Sukoharjo. BUMDes diharapkan dapat menjadi media pemberdayaan masyarakat menuju desa mandiri bakal semakin kuat.

“BUM Desa di Wirun telah dibentuk pada akhir 2016. Nah, pengembangan potensi budaya dan wisata di Wirun bakal dikelola BUM Desa pada tahun depan,” kata Kepala Desa Wirun, Erry Suseno Wibowo, Rabu (27/12/2017).

Contohnya saja ada Desa Wirun yang ditetapkan sebagai desa wisata kreatif oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada beberapa bulan lalu. Desa Wirun memiliki berbagai potensi seni dan budaya. Selain gamelan Jawa, potensi wisata dan budaya lainnya seperti wayang kulit, kain tenun goyor serta Pura Sahasra Adhi Pura. BUMDes di Desa Wirun telah dibentuk pada akhir 2016 dan diharapkan dapat menjadi media pemberdayaan masyarakat kedepannya. BUMDes kedepannya harus dapat bersinergi dengan elemen masyarakat untuk mengembangkan berbagai potensi seni dan budaya itu.

Sejalan dengan Desa Wirun, Kepala Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Sriyana juga menyadari bahwa potensi Desa Trangsan yang menjadi sentra kerajinan rotan di Soloraya sebaiknya dikembangkan dan dikelola BUMDes. Fokus pengembangan menitik beratkan pada pengelolaan wisata edukasi kerajinan rotan.BUMDes juga bisa mengelola unit usaha lain seperti persampahan, penyewaan serta koperasi.

 

Sumber: Solopos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *