Filosofi BUMDes untuk Membangun Desa yang Mandiri

 

Foto 1 Pemaparan materi oleh Bapak Rudy Suryanto

BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) adalah adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.Selama masih ada orang didalam desa maka desa tersebut masih memiliki potensi.

Pendirian BUMDes sendiri tidak bersifat wajib namun sangat disarankan mengingat BUMDes merupakan salah satu dari 4 program yang menjadi prioritas Kementerian Desa. Ada beberapa hal yang menjadikan jalannya BUMDes terhambat, namun hal-hal tersebut sebaiknya dihindari mengingat BUMDes juga membawa tujuan yang besar guna memajukan ekonomi desa.

Untuk kembali mengingatkan betapa pentingnya peran BUMDes untuk menciptakan desa yang mandiri, Bumdes.id kemabali akan membahas mengenai filosofi BUMDes.

Ada tiga poin yang menjadi filosofi dari keberadaan BUMDes di tengah-tengah masyarakat desa. Apa saja ketiga filosofi itu?

1.Pertama, BUMDes sekalipun merupakan badan usaha, namun tujuannya bukan semata-mata mencari keuntungan, tetapi juga punya muatan pelayanan kepada masyarakat (sebagai kepanjangan tangan PEMDES) dan menjalankan upaya pemberdayaan masyarakat dan menggerakkan ekonomi Desa

2.Kedua, BUMDes seyogyanya tidak mengambil alih aktivitas ekonomi yang sudah dijalankan oleh warga, tetapi menciptakan yang baru, memberikan nilai tambah atau mensinergikan aktivitas-aktivitas ekonomi yang sudah ada dan lebih dahulu dijalankan oleh warga desa.

3.Ketiga, BUMDes berbentuk Social Enterprise, yaitu lembaga bisnis yang didirikan untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial, caranya dengan menciptakan nilai tambah (Creating Value), mengelola potensi dan aset (Managing Value) dan memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya bagi warga (Distributing Value).

Ketiga poin penting ini harus dijadikan dasar pemikiran bagi BUMDes untuk terus membawa dampak yang membangun bagi perkembangan desa-desa di seluruh Indonesia! Salam BUMDes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *