BUMDes Barokah Asal Desa Putukrejo

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Barokah Putukrejo merupakan BUMDes yang berada di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Salah satu jenis usaha yang dikelola objek wisata Sumber Sira, yang terletak 20 KM dari Kota Malang dan 7 KM dari Pusat Kecamatan Gondanglegi.

Selain mengelila destinasi wisata Sumber Sira, BUMDes ini juga memiliki beberapa unit yang juga membawa manfaat positif bagi masyarakat desa. Unit-unit tersebut meliputi Badan Pengelola Sarana Air Bersih dan Sanitasi (BPSABS), unit simpan pinjam, usaha, produksi, bank sampah serta pertanian dan perikanan, serta unit pelayanan foto copy dan penjualan Alat Tulis Kantor (ATK).

Salah satu unit usaha yaitu Bank Sampah Barokah Desa Putukrejo, saat ini sudah memiliki ratusan Nasabah yang rutin tiap hari Rabu dan Jum’at melakukan penyetoran/tabungan yang berupa sampah plastic, kertas dan lain sebagainya.

Tak hanya sampai disitu, baru-baru ini BUMDes Barokah Putukrejo juga melakukan launching oleh-oleh khas Wisata Sumber Sira berupa souvenir kaos dan produk lain-lain yang secara simbolis diberikan kepada H. Kresna Dewanata Phrosak (Anggota DPR RI). Produk ini menjadi salah satu produk khas yang dproduksi oleh BUMDes dan hanya bisa ditemui di Desa Putukrejo.

Wah, satu lagi BUMDes yang dapat dijadikan inspirasi untuk desa-desa yang baru mendirikan BUMDes! Salah BUMDes!

Sumber: http://www.bumdesabarokah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *