Menteri Asal Malaysia Kagum dengan Kemandirian Desa di Indonesia

(sumber: kemendesa.go.id)

Dikutip melalui laman resmi Kementerian DPDTT (kemendesa.go.id), Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung, Bogor mendapat kunjungan dari  Menteri Kemajuan Luar Bandar dan Wilayah Negara Malaysia Dato’ Sri Ismail Sabri Bin Yaakob. Kunjungan yang berlangsung pada Kamis, 4 januari 2018 ini merupakan kunjungan dari Delegasi dari Malaysia untuk meninjautata kelola desa yang ada di Indonesia salah satunya Desa Sukamanah.

Dalam kunjungan tak ketinggalan, Delegasi dari Malaysia juga meninjau sejumlah lokasi seperti pasar desa dan Kantor Badan Usaha Milik Desa(BUMDes) Sukamanah hingga menyempatkan untuk melihat panen raya Kacang Edamame yang merupakan produk unggulan Desa Sukamanah. Kunjungan Delegasi dari Malaysia ini didampingi oleh Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Masyarakat Desa (PPMD) Taufik Madjid dan Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Samsul Widodo.

Dato’ Sri Ismail Sabri Bin Yaakob sendiri mengaku kagum dengan dengan tata kelola desa yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. Tata kelola dimana kampung atau desa diberi kekuasaan untuk mandiri dalam segi membangun sarana prasarana desa.

Dato’ Sri Ismail Sabri juga mengungkapkan bahwa dari sekian banyak desadari sejumlah negara yang pernah Ia kunjungi, hanya Indonesia yang dinilainya menjadi yang terbaik. Pasalnya, dirinya melihat selain desa diberi kekuasaan dalam mengelola desa, ternyata kepala desanya juga mampu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Kedepannya, diharapkan kerjasama Desa antara kedua negara dapat terjalin, terutama untuk saling bertukar produk-produk unggulan masing-masing desa di kedua negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *